<p>Sumber: Katadata</p>
Nasional

Soft Launching LRT Jabodebek Gagal Meluncur pada Agustus 2022

  • Peluncuran atau soft launching Light Rail Transit (LRT) Jabodebek batal berlangsung pada Agustus 2022.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Peluncuran atau soft launching Light Rail Transit (LRT) Jabodebek batal berlangsung pada Agustus 2022.  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan rencananya pada Agustus 2022 hanya akan dilakukan acara ceremonial showcase serta pameran LRT.

"Agustus mungkin sifatnya showcase saja. Kami belum bisa merilis apapun terkait pengoperasian atau commercial operating date-nya," kata Zulfikri dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Rabu 6 Juli 2022.

Saat ini, pihak LRT tengah melakukan konsultasi lanjutan ke konsultan internasional. Penundaan ini dilakukan untuk mengupayakan aspek keamanan dan kenyamanan pengguna nantinya.

Zulfikri menambahkan, pengoperasian LRT tidak hanya mengejar waktu cepat jadi saja, namun juga keamanan.

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat mengunjungi Depo LRT mengatakan LRT Jabodebek akan rampung pada 17 Agustus 2022.

Menurutnya, proyek yang berjalan sekarang telah baik dan siap soft launching pada Agustus 2022. Meskipun sempat terjadi insiden saat uji coba pada Oktober 2021.