<p>Erick Thohir pemilik Mahaka Media Group / Dok. Mahaka Media</p>
Korporasi

Solic Kreasi Baru Jadi Pembeli Siaga Rights Issue Mahaka Media (ABBA)

  • PT Solic Kreasi Baru diketahui menjadi pembeli siaga atau standby buyer dalam penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue emiten media milik Erick Thohir, PT Mahaka Media Tbk (ABBA)
Korporasi
Vega Aulia

Vega Aulia

Author

JAKARTA – PT Solic Kreasi Baru diketahui menjadi pembeli siaga atau standby buyer dalam penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue emiten media milik Erick Thohir, PT Mahaka Media Tbk (ABBA). 

Mahaka Media berencana menerbitkan 1.180.767.900 saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham. Skemanya adalah, setiap pemilik 7 saham lama Perseroan akan memperoleh 3 HMETD.

HMETD akan dibagikan kepada para pemegang saham Perseroan yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 17 Februari 2022.

Beyond Media dalam kedudukannya selaku Pemegang Saham Utama Perseroan yang mewakili 57,81% dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan, akan memperoleh 682.642.122 HMETD sesuai dengan porsi kepemilikan sahamnya. 

“Berdasarkan Surat Pernyataan tanggal 21 Desember 2021, Beyond Media menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya dan akan mengalihkan HMETD yang dimiliki kepada PT Solic Kreasi Baru (SKB),” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kamis, 23 Desember 2021.

Berdasarkan Surat Pernyataan tertanggal 1 Desember 2021, SKB menyatakan akan menerima pengalihan dan melaksanakan seluruh HMETD yang diterima dari Beyond Media.

Selanjutnya, dalam hal terdapat sisa Saham Baru dari jumlah saham yang ditawarkan setelah pelaksanaan pemesanan saham tambahan, maka seluruh Saham Baru yang tersisa akan diambil oleh SKB seluruhnya secara tunai.

Adapun per 30 November 2021, pemegang saham ABBA adalah PT Beyond Media 57,81%, Peak Holdings Luxembourg S.A.R.L sebesar 10,27%, Pendiri PT Abdi Bangsa 1.152 saham (0,00%), dan masyarakat 31,92%.   

Pasca rights issue, Solic Kreasi Baru (SKB) akan memiliki 17,34% saham ABBA sementara kepemilikan Beyond Media di ABBA menyusut menjadi 40,47%. 

Kepemilikan SKB di ABBA berpotensi meningkat jadi 30% dengan asumsi bahwa HMETD yang ditawarkan dalam PUT IV ini tidak dilaksanakan oleh Pemegang HMETD selain Beyond Media dan SKB melaksanakan HMETD yang diperoleh berdasarkan pengalihan dari Beyond Media, serta SKB selaku pembeli siaga melaksanakan sisa HMETD yang belum dipesan.

Dana dari rights issue sekitar 30% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan dan Entitas-Entitas Anak. Selanjutnya sekitar 70% akan digunakan untuk investasi di sektor teknologi digital melalui pengembangan usaha Entitas Anak serta investasi baru, pengembangan aplikasi, dan pembelian hardware.

ABBA telah menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) sebagai penasihat keuangan. 

Simak Jadwal Rights Issue-nya Berikut Ini.