Singa di Solo Safari sedang menjalani masa habituasi beberapa waktu lalu. Kawasan singa tersebut berlokasi tak jauh dari Restoran Makunde di kompleks Solo Safari.
Gaya Hidup

Solo Safari dan Polemik Segelas Es Teh

  • Kebun binatang Solo Safari belakangan kembali viral di media sosial.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Kebun binatang Solo Safari belakangan kembali viral di media sosial. Kali ini bukan karena koleksi satwa atau fasilitasnya, melainkan harga makanan di objek wisata tersebut. Seorang pengunjung mengaku harus merogoh kocek hingga Rp18.000 untuk segelas es teh. Minuman itu dia beli di Restoran Makunde yang berada di kompleks Solo Safari. 

Tak hanya es teh yang berharga selangit, sejumlah makanan berat pun cenderung “ngepruk”. Satu porsi nasi goreng kambing dihargai Rp88.000. Padahal harga rata-rata untuk nasi goreng kambing di Solo hanya sekitar Rp20.000-Rp40.000. Harga nasi putih pun lumayan mahal di Makunde yakni Rp15.000. 

Seorang pengguna Twitter, @TR145, membeberkan bahwa dia harus merogoh kocek hingga lebih dari Rp300.000 untuk makan di Solo Safari. Rinciannya yakni satu ayam goreng dan kentang goreng Rp78.000, dua nasi goreng kambing Rp176.000, satu nasi putih Rp15.000, satu teh panas Rp18.000 dan dua es teh Rp36.000. Jika ditotal, tagihannya mencapai Rp323.000 atau sekelas makan di restoran mewah atau hotel bintang lima. 

Dia pun kecewa karena tidak dapat makan sambil melihat satwa dari dekat. Dalam promosinya, Restoran Makunde menawarkan sensasi makan bareng satwa khas Afrika seperti singa, harimau, zebra dan meerkat. “Katanya kalau makan di situ bisa sambil melihat singa, kok kemarin tidak ada,” tanya dia.   

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pun merespons keluhan warga tersebut. Gibran berjanji bakal meminta pengelola merevisi harga makanan dan minuman di Restoran Makunde. “Untuk harga tiket, makanan, kami akan revisi lagi. Ini masih soft opening,” ujar Gibran dalam keterangannya, Kamis 23 Februari 2023.

Wali Kota mengatakan Taman Safari Indonesia selaku pengelola Solo Safari saat ini tengah membangun foodcourt sebagai alternatif kuliner bagi pengunjung. Gibran menjamin harga makanan dan minuman di foodcourt lebih murah dibanding Restoran Makunde. Disinggung satwa seperti singa yang tak muncul di Restoran Makunde, Gibran menyebut hewan itu masih dalam masa habituasi. “Ada tapi memang bersembunyi. Ditunggu dulu, masih habituasi,” ujarnya.