<p>Karyawan melayani nasabah di gerai CIMB Niaga Ditigal Lounge, Mal Gandaria City, Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Perbankan

Solusi Generasi Sandwich, CIMB Niaga Bersama Sun Life Rilis Asuransi Ini

  • Asuransi terbaru CIMB Niaga yang dirancang bersama Sun Life diharapkan mampu mengatasi tantangan finansial yang acap kali dihadapi generasi sandwich.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - X-Tra Proteksi Retirement adalah produk asuransi terbaru yang dirancang khusus oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life). Asuransi tersebut diharapkan mampu mengatasi tantangan finansial yang acap kali dihadapi generasi sandwich.

Sebagai informasi, definisi generasi sandwich merupakan generasi yang memiliki peran ganda terkait soal finansial. Pasalnya, mereka harus membiayai tiga generasi sekaligus yakni diri sendiri, orang tua, dan anak.

Head of Preferred Wealth and Insurance Business CIMB Niaga, Ariteguh Arief menyebut, komitmen CIMB Niaga terhadap konsumen terutama generasi sandwich tercermin dalam peluncuran X-Tra Proteksi Retirement.

"Produk ini merupakan langkah kami dalam memastikan nasabah meraih masa pensiun yang aman dan sejahtera, sesuai dengan komitmen dan dedikasi kami sebagai mitra finansial yang dapat diandalkan," ujar Ariteguh dalam siaran pers, Kamis 28 September 2023.

Ariteguh mengatakan, CIMB Niaga selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada Nasabah dan masyarakat Indonesia melalui kualitas layanan, produk, teknologi, dan inovasi yang terus meningkat. 

Tak ayal, X-Tra Proteksi Retirement yang dirancang bersama Sun Life tersebut, ditujukan utnuk menjawab kebutuhan solusi perlindungan bagi generasi sandwich menjalani hidup di masa depan dengan penuh percaya diri.

Sementara itu, Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia, Danning Wikanti menjelaskan, X-Tra Proteksi Retirement adalah perwujudan nyata dari kemitraan strategis pihaknya dengan CIMB Niaga.

"Dengan perlindungan jiwa yang kuat dan manfaat investasi yang superior, produk ini memberikan jaminan finansial yang diperlukan oleh generasi sandwich untuk menghadapi masa pensiun dengan percaya diri dan tenang," papar Danning sapaan akrabnya.

Danning menyebut CIMB Niaga merupakan mitra strategis Sun Life untuk mewujudkan komitmen membantu jutaan generasi sandwich dalam mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang makmur dan tenang di masa mendatang. Ia juga tidak menutup kemungkinan produk Sun Life lainnya akan tersedia di CIMB Niaga.

" Melalui kerja sama berkelanjutan dengan CIMB Niaga dalam memperluas pemerataan akses terhadap solusi perlindungan jiwa dan kesehatan bagi seluruh kalangan di Indonesia, kami berharap nasabah dapat selalu memberdayakan diri agar mencapai kehidupan yang mapan dan tenang di masa tua mereka," pungkas Danning.

Terjebak Masalah Finansial

Banyak generasi sandwich terjebak dalam masalah finansial, menghadapi dinamika keuangan yang kerap dikategorisasikan sebagai situasi yang rumit. Terlebih, data menunjukkan bahwa 90% masyarakat belum memiliki kesiapan finansial yang cukup untuk memasuki fase pensiun, menciptakan tantangan signifikan dalam merencanakan masa depan di usia lanjut.

Bahkan, tujuh dari sepuluh pensiunan merasa perlu mencari pekerjaan tambahan guna menjaga stabilitas keuangan mereka setelah pensiun, hal ini menggarisbawahi keterbatasan perlindungan finansial di masa-masa usia senja. Pandangan akan masa pensiun yang ideal memerlukan pondasi kuat dalam perencanaan finansial.

Dengan perencanaan finansial yang matang, generasi tersebut mampu mencapai kemandirian finansial tanpa memberatkan anak-anak dan lingkungan sekitarnya, sehingga dapat menciptakan kedamaian dalam menghadapi fase usia lanjut yang bermakna dan layak.

Simulasi Asuransi 

Keunggulan X-Tra Proteksi Retirement tersebut disimulasikan pada nasabah pria berusia 30 tahun ketika membeli produk dan membayar premi sebesar Rp100 juta per tahun selama 5 tahun. 

Maka dengan angka itu, nasabah akan mendapatkan manfaat hidup yang dibayarkan pada usia 56 hingga 70 tahun berupa manfaat nilai tunai senilai lebih dari 252% dari uang pertanggungan atau Rp921.152.635.

Selain itu, nasabah tersebut juga akan menerima manfaat nilai tunai ekstra beserta manfaat akhir pertanggungan yang tidak dijamin senilai Rp548.900.183. Simulasi ini mempertimbangkan beragam faktor sehingga manfaat yang diterima bisa berbeda-beda pada setiap nasabah. Calon nasabah disarankan untuk berkonsultasi dengan insurance advisor untuk mempelajari simulasi tersebut.