Nampak sejumlah pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong - Balaraja (Serbaraja) di kawasan Rawa Buntu , Tangerang Selatan Selasa 8 Maret 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Solusi Kemacetan, Tol Baru di Puncak Bakal Dibangun Tembus Sampai Cianjur!

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana membangun jalan tol tol baru di Puncak sampai Cianjur.
Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana membangun jalan tol baru di Puncak sampai dengan Cianjur. 

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan, pembangunan jalan tol ini akan mememberikan dampak yang berkelanjutan.

"Mulai dari efektifitas waktu perjalanan, manajemen transportasi, dan perputaran ekonomi di wilayah Bogor," kata Lasarus, dikutip dari akun instagram BPJT, Kamis, 16 Juni 2022.

Kemudian untuk menindaklanjuti rencana tersebut, Kementerian PUPR sedang membuat alternatif perencanaan dan model bisnisnya. Hal itu dilakukan untuk melihat kelayakan finansialnya, seperti model investasi yang harus diutamakan.

Melalui perencanaan pembangunan jalan tol baru di Puncak rute Caringin - Cianjur diharapkan dapat mengurangi kemacetan sepanjang 18 kilometer (km).

Dukungan yang diberikan atas perencanaan pembangunan dari Komisi V DPR RI dapat dilaksanakan proses AMDAL dan FS pada 2023. Selanjutnya pengadaan tanah pada 2004 dan konstruksi bisa dimulai pada 2026.