Ilustrasi dunia virtual metaverse
Tekno

Solusi Sinergi Digital (WIFI) Bakal Luncurkan Metaverse Bernama 'MyVerse'

  • PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) berencana meluncurkan ekosistem metaverse yang bernama 'MyVerse' yang telah dikembangkan sejak awal 2022.
Tekno
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) berencana meluncurkan ekosistem metaverse yang bernama 'MyVerse' yang telah dikembangkan sejak awal 2022.

Direktur Utama PT Solusi Sinergi Digital Hermansjah Haryono mengatakan peluncuran metaverse tersebut akan dilakukan perseroan dalam waktu dekat. Nantinya, MyVerse ini akan mengintergrasikan seluruh ekosistem digital yang telah dibangun perseroan selama ini.

"Perseroan juga dalam waktu dekat akan meluncurkan ekosistem metaverse yang telah dikembangkan sejak awal tahun 2022 bernama “MyVerse”," kata Hermansjah dalam acara Public Expose Live pada Rabu, 14 September 2022.

Menurut Hermansjah, MyVerse mengusung konsep metaverse yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa harus menggunakan perangkat khusus (wearable device) dalam berselancar di dalam ekosistem MyVerse.

 Dengan didukung infrastruktur yang dimiliki perseroan yaitu infrastruktur serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta, serta Edge Data Center di berbagai lokasi bagi kebutuhan Content Delivery Network, diharapkan dapat memberikan experience terbaik bagi pengguna dalam memanfaatkan MyVerse.

Pada tahap awal, perseroan membidik 18,5 jutapengguna moda transportasi berbasis rel, salah satunya yang selama ini telah menikmati layanan dari WIFI.

Dalam menciptakan My Verse, perseroan berkolaborasi dengan dua perusahaan kreatif digital yaitu Formlabs Pte. Ltd. dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture).

"Untuk membangun ekosistem di dunia Metaverse memang tidak mudah, diperlukan latency konektivitas yang rendah dalam memberikan experience terbaik bagi pengguna, Diperlukan perpaduan antara device, network, dan application yang dapat menunjang metaverse untuk berjalan lancar," tambahnya.