Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Basweda menghadiri debat perdana Capres di KPU, Selasa 12 Desember 2023
Nasional

Soroti Tema Hankam, Ini Daftar 11 Panelis dalam Debat Capres Ketiga

  • Debat ketiga bakal menyoroti tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat untuk Calon Presiden (Capres) pada Minggu, 7 Januari 2024. Debat tersebut merupakan salah satu metode kampanye yang diselenggarakan yang diselenggarakan sebanyak lima kali untuk pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam pemilu 2024. 

Debat ketiga bakal menyoroti tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh KPU seperti salah satunya penunjukan 11 panelis yang berkompeten pada tema debat tersebut. Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai dari akademisi hingga purnawiran TNI.

Sebelas orang panelis yang terpilih dalam debat ketiga capres ini antara lain Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia, Angel Damayanti. Kedua, dosen Hubungan Internasional sekaligus ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus, Curie Maharani Savitri.

Ketiga, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Evi Fitriani. Selanjutnya terdapat nama Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia sekaligus Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Hikmahanto Juwana. 

Kelima, dosen Program Studi Hubungan Internasional sekaligus ahli keamanan dan pertahanan Universitas Pertamina, Ian Montratama. Keenam, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS, Philips J. Vermonte.

Ketujuh terdapat nama Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran, R. Widya Setiabudi Sumadinata. Kedelapan yaitu ahli aspek geospasial hukum laut Universitas Gadjah Mada I Made Andi Arsana. 

Selain akademisi, terdapat juga peneliti yaitu Irine Hiraswari Gayatri selaku Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional. Panelis kesepuluh yaitu pakar keamanan Universitas Pertahanan, Kusnanto Anggoro. 

Terakhir terdapat nama mantan Kepala Staf Angkatan Laut periode 2012—2014 sekaligus Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan, Laksamana TNI Purn. Marsetio yang turut menjadi panelis debat ketiga.

Nantinya, sebelas panelis itu bakal dikarantina terlebih dahulu untuk merumuskan pertanyaan selama tiga hari. Karantina bakal dimulai sejak tanggal 5 Januari 2024. Hal itu sama seperti debat-debat sebelumnya dimana panelis bakal dikarantina terlebih dahulu untuk membuat pertanyaan jelang debat dilangsungkan.

Seperti diketahui, debat Capres-Cawapres terbagi menjadi enam segmen selama 150 menit. Rinciannya 120 menit untuk pelaksanaan debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Segmen pertama merupakan Pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi, misi, dan program kerja. 

Segmen kedua yaitu Pendalaman visi, misi, dan program kerja. Segmen ketiga merupakan Pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh Moderator. Segmen keempat dan kelima ialah tanya jawab dan sanggahan serta segmen keenam merupakan penutup.

Dalam penyelenggaraan debat, terdapat moderator dari kalangan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu Pasangan Calon.