Ilustrasi pemasangan panel surya untuk mendukung dekarbonisasi.
Dunia

South Pole Berhenti Dukung Proyek Karbon di Zimbabwe

  • Perusahaan asal Swiss mengatakan, pengembang carbon offset South Pole, pada Jumat, 27 Oktober 2023, telah menghentikan keterlibatannya dalam sebuah proyek di Zimbabwe yang telah menghasilkan jutaan kredit karbon dari upaya mencegah deforestasi di sekitar Danau Kariba.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Perusahaan asal Swiss mengatakan, pengembang carbon offset South Pole, telah menghentikan keterlibatannya dalam sebuah proyek di Zimbabwe yang telah menghasilkan jutaan kredit karbon dari upaya mencegah deforestasi di sekitar Danau Kariba.

South Pole mengatakan tidak yakin proyek REDD+ Kariba—yang dimiliki dan dikembangkan oleh Carbon Green Investments (CGI) memenuhi standar yang diharapkan dari mitranya.

Proyek REDD+ (Mengurangi Emisi dari Deforestasi dan Kerusakan Hutan) adalah salah satu skema konservasi hutan terbesar di dunia.

Proyek ini telah diterbitkan sekitar 36 juta kredit sejak tahun 2011, tetapi telah menjadi sorotan dari kelompok-kelompok lingkungan setelah laporan media menimbulkan keraguan apakah proyek Kariba benar-benar menjaga hutan sebanyak yang mereka klaim dan bahwa komunitas yang terlibat tidak mendapatkan manfaat sebanyak yang diharapkan.

South Pole mengatakan proyek tersebut telah mengikuti semua pedoman untuk kredit yang diterbitkan dari Verra, penerbit imbalan kredit karbon terkemuka, tetapi mengakui kekhawatiran atas manajemen proyek.

“Semua kegiatan yang terkait dengan sertifikasi karbon dan kredit karbon dari proyek REDD+ Kariba sekarang akan menjadi tanggung jawab CGI, dan peran South Pole sebagai pengembang aset karbon telah berakhir,” kata South Pole dalam sebuah pernyataan.

“Meskipun secara material mematuhi persyaratan standar Verra dan Iklim, Komunitas & Keanekaragaman Hayati yang relevan di semua tahap proyek, kami kecewa dengan aspek bagaimana proyek dikelola di lapangan oleh pemilik proyek,” kata juru bicara Kutub Selatan, dilansir dari Reuters, pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Pekan lalu, Verra mengumumkan mereka telah menghentikan penerbitan kredit untuk proyek tersebut sambil melakukan penyelidikan.

Penyeimbangan karbon adalah kredit untuk aktivitas pengurangan emisi yang dapat dihasilkan melalui proyek-proyek seperti penanaman pohon atau pencegahan deforestasi, yang kemudian dapat digunakan oleh perusahaan untuk membantu memenuhi target iklim, dan mengimbangi emisi yang tidak dapat mereka kurangi dari operasi mereka.