Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka (Reuters/Kim Kyung-Hoon)
Transportasi dan Logistik

Spesifikasi Mobil Mercedes-Benz S450 untuk Pelantikan Prabowo - Gibran

  • Mercedes-Benz akan menjadi salah satu kendaraan yang digunakan oleh para tamu VVIP dan VIP saat pelantikan presiden dan wakil presiden. Sejak Senin, 14 Oktober 2024, beberapa mobil telah disiapkan di area Gelora Bung Karno (GBK).

Transportasi dan Logistik

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Mercedes-Benz akan menjadi salah satu kendaraan yang digunakan oleh para tamu VVIP dan VIP saat pelantikan presiden dan wakil presiden. Sejak Senin, 14 Oktober 2024, beberapa mobil telah disiapkan di area Gelora Bung Karno (GBK).

Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2024-2029 akan segera dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Gedung MPR, Senayan, DKI Jakarta.

Dalam acara tersebut, pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz, berkontribusi dengan menyediakan mobil sebagai sarana transportasi bagi tamu-tamu negara.

Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, Mercedes-Benz telah meminjamkan sedan flagship.

“Iya Mercedes-Benz S450 yang di GBK itu adalah kendaraan yang kami siapkan untuk para tamu negara yang akan menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih,” kata Kariyanto kepada media beberapa waktu lalu.

Dia menyampaikan, Penggunaan 60 unit mobil tersebut akan disesuaikan dengan jumlah tamu negara yang hadir pada acara pelantikan.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, puluhan mobil Mercedes-Benz S-Class yang disiapkan untuk tamu negara pada hari pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden bersifat pinjaman. Pratikno mengungkapkan, Istana hanya akan menanggung biaya kargo dan asuransi.

Beberapa di antaranya adalah mobil mewah dengan harga yang fantastis. Di antara unit-unit mobil mewah, terdapat merek asal Jerman seperti Mercedes-Benz S450 yang harganya mencapai Rp2,9 miliar. Untuk dimensinya, Mercedes-Benz S450 memiliki panjang 5.289 milimeter, lebar 1.954 milimeter, dan tinggi 1.503 milimeter. Sementara, sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.216 milimeter.

Mengenai performa mesin, Mercedes-Benz S450 4Matic dilengkapi dengan mesin berkode M256, yang memiliki kapasitas 2.999 cc. Mesin turbo enam silinder segaris ini mampu memproduksi tenaga sebesar 367 dk dan torsi mencapai 500 Nm.

Mercedes-Benz juga telah memasukkan teknologi mild hybrid EQ Boost 48 volt, yang memberikan tambahan tenaga sebesar 22 dk dan torsi 250 Nm. Tenaga dan torsi ini disalurkan ke keempat roda (all wheel drive/AWD) melalui transmisi otomatis sembilan percepatan 9G-Tronic.