Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Basuki Hadimuljono (kedua dari kanan) bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau proyek Tol Solo-Jogja di Klaten, Senin 27 Februari 2023.
Nasional

Sri Mulyani Kucurkan Dana Rp5,9 Triliun Untuk Pembebasan Lahan Proyek PSN Tol Solo-Jogja

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah harus menggelontorkan dan sebesar Rp5,902 triliun untuk Proyek Jalan Tol Ruas Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo di Karanganyar – Jawa Tengah.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah harus menggelontorkan dana sebesar Rp5,902 triliun untuk pengadaan lahan Proyek Jalan Tol Ruas Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo di Karanganyar – Jawa Tengah.

Pembiayaan pengadaan lahan untuk Tol Jogja-Solo ini masih bertambah melalui Penyertaan Modal Negara dari APBN ke BUMN sebesar Rp1,401 triliun kepada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. 

Ini sesuai Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penyelesaian Proyek Strategis Nasional.

“Saat ini kemajuan karena adanya Proyek PSN semakin terlihat, baik yang telah dirasakan secara langsung pada masyarakat yang menerima uang ganti untung maupun dari sisi dampak PSN tersebut terhadap kegiatan perekonomian yang lebih besar. Kementerian Keuangan sebagai pengelola dana APBN memiliki komitmen untuk terus mendukung PSN yang memiliki peran sangat penting bagi masyarat, bagi kesejahteraan dan bagi perekonomian” ujarnya dilansir pada Rabu, 1 Maret 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa dengan dukungan Kementerian Keuangan ini, maka terbentuklah saling monitoring pada pelaksanaan PSN.

“Kementerian PUPR hanya bertugas untuk membelanjakan dan membangun, untuk pengadaan tanah disediakan oleh Kementerian Keuangan sehingga terdapat saling monitoring pada PSN, checks and balances” Ujarnya

Sebelumnya, proyek jalan tol Jogja-Solo ini disebut sebagai proyek super prioritas dikarenakan dengan keberadaannya nanti jalan tol ini akan menyambungkan Kawasan Segitiga Joglosemar (Jogja, Solo & Semarang) dan diharapkan dampaknya dapat meningkatkan perekonomian regional Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur, Suchandra Paganda Hutabarat menyampaikan progres pembebasan lahan yang sedang berjalan. Untuk pembebasan Jalan Tolo Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo yang dibagi menjadi 3 Tahap, per 24 Februari 2023 pembebasan lahan untuk Tahap 1, Paket 1.1 telah mencapai 94,06%.

Sedangkan untuk Paket 1.2 sebanyak 74,73%. Sementara untuk tahap II dan tahap III untuk saat ini masih belum dimulai dikarenakan masih pada proses Ijin Penetapan Lokasi di Tahap II.

Dalam kajian lalu lintas, diprediksi bahwa volume lalin golongan 1 di tahun 2024, kendaraan yang akan melintas di Tol dengan panjang 96,57 KM ini adalah sebanyak 22.481 kendaraan per hari. Selain itu dengan IRR sesuai dengan PPJT PT JMM yang sebesar 12,03%.