Staf khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga saat membuka ajang Road to IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di area Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu, 2 Oktober 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Staf Khusus Menteri BUMN Masuk Gerbong Exco PSSI

  • Arya Sinulingga menjadi salah satu orang baru yang masuk jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Arya Sinulingga menjadi salah satu orang baru yang masuk jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027. Terpilihnya staf khusus Menteri BUMN, Erick Thohir, ini cukup mengejutkan mengingat namanya belum cukup familiar di dunia sepak bola Indonesia. 

Lelaki kelahiran Kabanjahe, Sumatera Utara, ini bahkan sempat diisukan tak lolos verifikasi karena belum memenuhi syarat aktivitas di sepak bola Nasional minimal lima tahun. Namun Arya justru melaju kencang dalam pemilihan Exco di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Dia bahkan menjadi Exco dengan suara terbanyak kedua di putaran kedua pemilihan. Perolehan suaranya (58) hanya kalah dari Pieter Tanuri (60) yang notabene orang lama di Exco maupun persepakbolaan Indonesia. Besar dari dunia media, Arya belakangan memang mulai getol terjun di dunia sepak bola.

Dia merupakan pendiri klub Liga 2 yang bermarkas di Kabanjahe, Karo United. Arya sempat menjadi presiden klub yang berdiri 28 Juli 2019 itu. Status pendiri Karo United inilah yang membawanya mendapatkan tiket untuk maju dalam kontestasi Exco PSSI. 

Arya menjadi salah satu yang mendukung masuknya pesohor-pesohor muda untuk terjun di bisnis sepak bola Nasional. Dia pun tak segan mengapresiasi Atta Halilintar, Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad yang kini memiliki tim masing-masing.  

Karier mantan pentolan Grup MNC ini mulai melesat setelah menjadi juru bicara tim kampanye nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 2019. Kemenangan Jokowi-Ma’ruf membawanya masuk pemerintahan dan menjabat staf khusus Menteri BUMN bidang komunikasi publik. 

Lulusan Intitut Teknologi Bandung (ITB) ini pun diganjar komisaris PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Arya melepas posisinya sebagai komisaris Inalum seteah menjadi komisaris PT Telkom Indonesia pertengahan 2021.

Dalam KLB kemarin, Arya optimistis Ketum PSSI terpilih, Erick Thohir, mampu membawa federasi menjadi lebih baik. Dia meyakini bosnya di Kementerian BUMN itu bakal membuat tim yang solid untuk membenahi sepak bola.