Cakap, start up edutech
Fintech

Start Up Pendidikan, Cakap Kantongi Pendanaan Seri B Senilai Rp143,48 Miliar

  • Start up pendidikan (edutech) Cakap meraup pendanaan sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp143,48 miliar (asumsi kurs Rp14.348 per dolar Amerika Serikat) dalam putaran seri B
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Start up pendidikan (edutech) Cakap meraup pendanaan sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp143,48 miliar (asumsi kurs Rp14.348 per dolar Amerika Serikat) dalam pendanaan seri B.

Pendanaan seri B ini dipimpin oleh Centauri Fund MDI Ventures dan Heritas Capital, dengan partisipasi dari KB Investment dan investor lainnya.  

"Kami bangga dan bersemangat untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia, di mana kami mengombinasikan konten pembelajaran berkualitas tinggi, teknologi canggih, dan guru profesional di ekosistem kami untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada siswa kami," kata Co-Founder & CEO Cakap, Tomy Yunus dalam pernyataan resmi, Rabu, 15 Desember 2021.

Tomy mengatakan, suntikan dana ini akan digunakan untuk menambah jumlah program pembelajaran kelas. Selain itu juga untuk meningkatkan jumlah pengguna demi mewujudkan akses pendidikan berkualitas yang lebih luas di Indonesia.

Pendanaan baru ini, sambung dia, dapat mendorong Cakap untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dengan mengeksplorasi implementasi pada machine learning dan kecerdasan buatan (AI) yang memberikan pembelajaran lebih personal untuk setiap siswa melalui pembelajaran adaptif.

Sebagai informasi, selama dua tahun terakhir, Cakap berhasil mengakuisisi 1,5 juta siswa dengan pertumbuhan 500% year-on-year (yoy). Saat ini, Cakap telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang. 

Tomy melanjutkan, pertumbuhan bisnis ini juga akan menjadi momentum bagi Cakap yang telah memberdayakan lebih dari 1.000 guru dari berbagai negara. 

Cakap juga memberikan penawaran kelas vokasi dan kursus sertifikasi melalui self-paced learning yang menggabungkan sequential multimedia learningassessments, dan LIVE Class and discussions.