Perusahaan jasa logistik pengiriman paket J&T Express dan J&T Cargo
Industri

Start Up Sampingan Digaet J&T Cargo untuk Rampingkan Biaya Operasional

  • Kolaborasi yang dilakukan berhubungan dengan pemanfaatan platform digital Sampingan untuk kegiatan operasional J&T Cargo yang saat ini sudah terdigitalisasi
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - J&T Cargo menggandeng start up PT Sampingan Mitra Indonesia (Sampingan) untuk merampingkan biaya operasional. Dengan demikian, layanan pengiriman kargo ke seluruh Indonesia akan semakin maksimal.

CEO J&T Cargo Jonathan mengatakan, sejalan dengan lonjakan pertumbuhan industri logistik semenjak adanya pandemi, pihaknya berupaya untuk terus menjaga kualitas layanan pengiriman. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, J&T Cargo pun memutuskan untuk mencari cara agar paket yang besar dapat dikirimkan dengan prosedur dan biaya yang lebih efisien, namun tetap terjaga kualitasnya.

"Sampingan sebagai platform staffing digital terdepan di Indonesia, dapat menjadi jawaban bagi kami untuk mewujudkan dua hal tersebut dengan mudah melalui teknologi mereka," ujar Jonathan dikutip dari keterangan resmi, Selasa, 14 Juni 2022.

Kolaborasi yang dilakukan berhubungan dengan pemanfaatan platform digital Sampingan untuk kegiatan operasional J&T Cargo yang saat ini sudah terdigitalisasi. Ini mencakup sistem absensi tenaga kerja otomatis, pelaporan bukti pengiriman, pencatatan akomodasi perjalanan operasional, hingga sistem tracking rute perjalanan yang real-time untuk menghemat waktu dan biaya.

CCO dan Co-founder Sampingan Margana Mohamad menyampaikan, bisnis di bidang logistik memiliki banyak tantangan dalam hampir setiap prosesnya, mulai dari pengelolaan tenaga kerja, operasional pengiriman, hingga memastikan bahwa paket yang diantar kepada pelanggan berada dalam kualitas terbaik.

"Untuk itu, kami hadir mendukung J&T Cargo untuk mendigitalisasi setiap langkah operasional mereka guna mencapai efisiensi bisnis yang optimal tetapi tetap mampu menjaga kualitas layanan,” ujar Margana.

Selain menyediakan sistem digital staffing yang efisien, Sampingan juga memberikan solusi spesifik kepada J&T Cargo dalam proses penyediaan tenaga kerja logistik.

Tenaga kerja itu akan dikelola oleh Sampingan dalam setiap prosesnya, mulai dari merekrut, mengelola, hingga mempertahankan orang yang tepat untuk menjaga kualitas pengiriman barang bagi pelanggan.

“Kerja sama dengan Sampingan ini merupakan salah satu upaya kami yang  konsisten dalam menjaga kualitas layanan dengan mengedepankan sistem smart logistic yang terintegrasi. Ke depannya, kami akan terus berinovasi untuk terus berkembang, meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan efisiensi kinerja kami agar layanan pengiriman tetap optimal,” tambah Jonathan.