<p>Sumber: msmbindonesia.com</p>
Nasional & Dunia

Startup Bidang Pertanian Asal RI Sabet Penghargaan Internasional di Jerman

  • JAKARTA – Salah satu startup asal Indonesia, PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang menyabet penghargaan sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman. Solusi inovasi dari MSMB adalah teknologi Smart Farming 4.0 RiTx, di antaranya Agri Drone Sprayer (drone penyemprot pestisida dan pupuk cair), Drone Surveillance (drone untuk pemetaan lahan), Soil and Weather Sensor (sensor tanah dan cuaca), hingga Water Debit Sensor (sensor debit […]

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Salah satu startup asal Indonesia, PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang menyabet penghargaan sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Solusi inovasi dari MSMB adalah teknologi Smart Farming 4.0 RiTx, di antaranya Agri Drone Sprayer (drone penyemprot pestisida dan pupuk cair), Drone Surveillance (drone untuk pemetaan lahan), Soil and Weather Sensor (sensor tanah dan cuaca), hingga Water Debit Sensor (sensor debit air).

“Menggunakan aplikasi RiTx, kita bisa mendapatkan informasi cuaca dan rekomendasi pemupukan dari data sensor tanah dan cuaca yang sudah dipasang di lahan. Informasi ini akan membantu agar dapat bertani dengan lebih presisi,” kata Co-founder sekaligus Presiden Direktur MSMB, Bayu Dwi Apri Nugroho dalam siaran persnya, Senin, 13 Juli 2020.

Dengan adanya inovasi ini, industri alat mesin pertanian dapat bertransformasi ke teknologi 4.0. Terlebih, tantangan sektor pertanian kini adalah ketidakpastian cuaca, hingga penggunaan pupuk berlebihan.

Tidak hanya itu, aplikasi RiTx juga mampu mengidentifikasi hama, menampilkan informasi harga pangan, serta tersedia fitur forum untuk mempermudah aktivitas pertanian. Dengan aplikasi ini, petani bisa mencatat aktivitas pertanian dalam bentuk Good Agricultural Practices (GAP).

“GAP ini nantinya menjadi basis dalam fitur traceability yang sedang dikembangkan MSMB,” imbuh Bayu.

Selain mempermudah aktivitas pertanian, Bayu mengklaim bahwa teknologi ini akan meningkatkan nilai jual produk hasil panen. Bahkan, konsumen mendapatkan kepastian informasi mengenai budidaya dari produk pangan yang dikonsumsi.

“Bagi sektor industri agro, dengan adanya inovasi MSMB, akan membantu meningkatkan jaminan pasokan dan kualitas bahan baku.”

Hermes Startup Award 2020 merupakan penghargaan internasional di bidang inovasi teknologi yang memberikan manfaat kepada industri, lingkungan, dan masyarakat. Ajang bergengsi ini juga menjadi bagian dari Hannover Messe, acara pameran tahunan teknologi terbesar dunia.