PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau  KAI Daop 2 Bandung.
Transportasi dan Logistik

Stasiun Pasar Senen Diproyeksi Layani 700 .000 Orang Selama Periode Nataru

  • Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan melonjak menjadi 700 ribu pada periode Natal tahun ini. Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, di mana jumlah penumpang mencapai 600 ribu.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Stasiun Pasar Senen merupakan salah satu stasiun tersibuk di Indonesia. Diperkirakann akan terjadi lonjakan signifikan jumlah penumpang selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan melonjak menjadi 700 ribu pada periode Natal tahun ini. Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, di mana jumlah penumpang mencapai 600 ribu.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Iwan Eka Saputra pada Senin, 25 Desember 2023 mengungkapkan prediksi peningkatan jumlah penumpang sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Dia juga menyoroti bahwa kereta ekonomi menjadi tipe kereta yang paling diminati oleh penumpang harian.

Dalam waktu 4 hari, Stasiun Pasar Senen mencatat layanan kepada sekitar 166.592 penumpang pada rentang tanggal 21 hingga 24 Desember 2023. Tujuan akhir perjalanan penumpang bervariasi meliputi rute-rute populer seperti Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

Tingginya angka lonjakan ini dianggap sebagai tantangan signifikan bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta untuk menyediakan layanan yang optimal selama periode padat seperti libur Natal dan Tahun Baru.

PT KAI Daop I Jakarta telah menyiapkan sekitar1.319 perjalanan kereta api, termasuk kereta api tambahan sebanyak 184 perjalanan setiap harinya.  

Jumlah tersebut mencangkup 773.000 kursi selama periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan rata-rata 42.958 kursi tersedia setiap harinya.

Persiapan ini dilakukan untuk mengakomodasi lonjakan jumlah penumpang yang diharapkan, serta menjamin ketersediaan tempat duduk bagi penumpang yang memilih kereta sebagai moda transportasi utama mereka selama musim liburan Natal dan Tahun Baru.

KAI diketahui berfokus pada aspek pelayanan, keselamatan, dan keamanan, Komitmen PT KAI Daop I Jakarta dalam meningkatkan layanan kereta api di tengah lonjakan jumlah penumpang yang signifikan diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman bagi seluruh penumpang yang memilih moda transportasi kereta api selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.