Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki
Energi

Status Gunung Ruang Naik Kembali Awas, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

  • Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif.

Energi

Debrinata Rizky

JAKARTA - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status G. Ruang menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 WITA.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan, periode pengawasan tanggal 29 April 2024 periode 00.00-24.00 WITA aktivitas vulkanik G. Ruang meningkat cukup signifikan terutama peningkatan jumlah gempa Vulkanik Dalam.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada gunung Ruang, maka tingkat aktivitas gunung Ruang dinaikkan kembali dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 WITA,"ujarnya dalam keterangan resmi pada Selasa, 30 April 2024.

Sehubungan dengan peningkatan status ini Wafid meminta kembali masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang dan masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Terkait peningkatan status ini lebih rinci dijelaskan Kepala PVMBG Hendra Gunawan, pada tanggal 29 April 2024 periode 00.00-24.00 WITA tercatat 15 kali gempa Guguran, 237 kali gempa Vulkanik Dangkal, 425 kali gempa Vulkanik Dalam, 15 kali gempa Tektonik lokal, dan 6 kali gempa Tektonik Jauh.

Kenaikan jumlah gempa pada 29 April 2024 yang disertai visual hembusan asap kawah tersebut menunjukkan saat ini masih terjadi proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan. Kenaikan aktivitas ini dalam berpotensi berkembang menjadi erupsi eksplosif berselingan dengan erupsi efusif (aliran lava).

"Gempa terasa intens terjadi dari pukul 00.15 WITA sampai terjadinya erupsi pukul 01.15 WITA dan terus berlangsung intens hingga pukul 03:20 WITA. Erupsi terjadi pada pukul 01.15 WITA dengan kolom erupsi kurang lebih 2.000 meter disertai dengan suara gemuruh dan gempa terasa yang intens," ungkap Hendra.

Sam Ratulangi Ditutup

Aktivitas Vulkanik gunung Ruang yang terus berlangsung  dan semakin meningkat Selasa, 30 April 2024 pagi ini.  Erupsi yang terus berlangsung dan semakin membesar dan jangkauan yang semakin jauh memaksa Bandara SAM Ratulangi di Manado Sulawesi Utara ditutup sementara.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM Hendra Gunawan menyebut,  potensi bahaya saat ini yang perlu diwaspadai adalah erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar gunung Ruang.