WhatsApp Image 2023-08-03 at 14.35.50.jpeg
Nasional

Suarakan 5 Tuntutan, Ratusan Buruh Longmarch Bandung-Jakarta

  • Partai Buruh mengajak seluruh kelas pekerja untuk melakukan perlawanan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, dan menuntut kenaikan upah15%.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ratusan buruh melakukan longmarch (perjalanan jauh) selama delapan hari dari Bandung menuju Jakarta untuk menyuarakan aspirasi mereka. Kelima tuntutan tersebut meliputi cabut omnibus law UU Cipta Kerja Nomor Tahun 2023, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15% di seluruh Indonesia, dan cabut UU Kesehatan. 

Tuntuan lain yakni cabut presidential threshold 20% dan ubah menjadi nol persen, serta menuntut diwujudkannya JS3H atau jaminan sosial semesta sepanjang hayat untuk seluruh rakyat Indonesia. “Dalam longmarch ini, buruh membawa 5 tuntutan,” ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam keterangan pers, dikutip Kamis 3 Agustus 2023.

Perjalanan longmarch dilakukan berjalan kaki yang dimulai pada 2 Agustus 2023 dengan start berada di Gedung Sate Bandung dan berakhir di Gedung Mahkamah Konstitusi pada 9 Agustus 2023. 

Peserta longmarch disambut ribuan buruh untuk memberikan dukungan dalam setiap kota yang dilewati sepanjang perjalanan. Pada kesempatan tersebut akan disebarkan petisi untuk ditandatangani masyarakat, buruh, petani, dan kelompok kelas pekerja lainnya. 

Petisi yang hendak diedarkan akan memuat sejuta tanda tangan yang sesampainya di Jakarta akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan pimpinan DPR. Partai Buruh juga mengedarkan petisi di luar acara longmarch. “Selama perjalanan hanya sampel saja. Sebab di setiap pabrik, sawah, kampung nelayan, dan konstituen Partai Buruh juga diedarkan petisi,” ujar Iqbal.

Gelaran longmarch Bandung – Jakarta merupakan awalan gerakan buruh. Selanjutnya akan ada longmarch dari ujung Jawa Timur menuju kota-kota besar sepanjang Pulau Jawa. Selain itu, bakal ada juga longmarch dari ujung Pulau Sumatra dengan menggunakan kendaraan sepeda motor sampai Jakarta.

Longmarch jalan kaki selama delapan hari ini membawa beberapa spirit yang akan diperjuangkan. Partai Buruh mengajak seluruh kelas pekerja untuk melakukan perlawanan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, dan menuntut kenaikan upah15%.

Keberadaan Permenaker Nomor 5 Tahun 2023 menyebabkan upah buruh turun sehingga dengan adanya tuntutan kenaikan 15% akan membuat reborn. Hal tersebut didasarkan kenaikan kebutuhan hidup layak adalah sebesar 12 sampai 20 persen. 

Saat ini pertumbuhan ekonomi positif, 2,5% dan iflasi yang mendekati 4% sehingga Indonesia masuk negara midle income country dengan penghasilan menengah atas lebih dari US$4.500 (setara Rp67 juta) per tahun. Oleh karenanya pendapatan buruh harusnya rata 5,6 juta rupiah per bulan

Selain itu, Partai Buruh juga sudah memasukkan gugatan presidential threshold 20%. “Kalau kepalanya kotor, maka buntutnya juga akan kotor. Karena itu, Capres jangan hanya dibatasi 3-4 orang. 18 partai politik boleh memperjuangkan calon presiden,” ujar Iqbal.