Ilustrasi emisi karbon.
Energi

Sucofindo Sediakan Layanan Validasi dan Verifikasi Perhitungan Klaim Karbon

  • Sucofindo memperluas jangkauan layanannya untuk mendukung terbentuknya ekosistem bursa karbon. Perusahaan ini kini menyediakan layanan validasi dan verifikasi dalam perhitungan klaim karbon, sehingga mendorong pertumbuhan ekosistem bursa karbon yang lebih kuat.

Energi

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Sucofindo memperluas jangkauan layanannya untuk mendukung terbentuknya ekosistem bursa karbon. Perusahaan ini kini menyediakan layanan validasi dan verifikasi dalam perhitungan klaim karbon, sehingga mendorong pertumbuhan ekosistem bursa karbon yang lebih kuat.

Melalui lembaga validasi dan verifikasi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dengan skema gas rumah kaca (GRK) dan nilai ekonomi karbon (NEK), Sucofindo memberikan kepastian atas inventarisasi emisi organisasi dan klaim penurunan serta penyerapan emisi dari proyek-proyek karbon yang akan diperdagangkan di bursa karbon.

"Kami melihat masa depan perdagangan karbon di Indonesia sebagai peluang untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan besarnya potensi proyek aksi mitigasi perubahan iklim di Indonesia, Sucofindo mampu membantu mewujudkan pusat pasar karbon dunia melalui layanan penerbitan opini dari validasi dan verifikasi perhitungan karbon," kata Direktur Utama PT Sucofindo, Jobi Triananda, dilansir antara, Rabu,17 Oktober 2023.

Kepala Strategic Business Ecoframework Sucofindo, Budi Utomo, mengungkapkan perusahaan yang terlibat dalam bursa karbon akan merasakan manfaat besar dari nilai ekonomi karbon yang bisa diperdagangkan. 

Sebagai lembaga validasi dan verifikasi (LVV), Sucofindo memiliki kemampuan untuk melayani pelaku usaha dari beragam sektor industri. Dengan jaringan 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, Sucofindo telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya mengurangi emisi karbon dan membangun ekosistem bursa karbon yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Sucofindo juga meberikan inisiatif lain bernama Green Generation Sucofindo. Program ini melibatkan layanan konsultasi environmental, social, and governance (ESG) yang membantu pelaku usaha dalam menyusun peta jalan ESG. Mereka juga memberikan panduan dalam melaksanakan dan melaporkan inisiatif ESG. Oleh karena itu, Sucofindo berperan sebagai mitra yang kuat dalam mendampingi perusahaan dalam perjalanan menuju praktik bisnis yang berkelanjutan dan beretika.

Keterlibatan Sucofindo dalam mendukung ekosistem bursa karbon dan berbagai inisiatif ESG menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung transformasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia dan di seluruh dunia.