Tekno

Sudah Ada Sebelum Era Dinosaurus, Ikan Fosil Ini Ditemukan Hidup di Pantai Madagaskar

  • Ikan bernama coelacanth itu secara tidak sengaja ditemukan kembali oleh sekelompok pemburu hiu di Afrika Selatan.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

MADAGASKAR - Seekor ikan fosil yang diperkirakan sudah ada sebelum era dinosaurus ditemukan hidup dan berenang di Samudera Hindia Barat, lepas pantai Madagaskar.

Mengutip Times Now News Rabu, 25 Januari 2023, Ikan bernama coelacanth itu secara tidak sengaja ditemukan kembali oleh sekelompok pemburu hiu di Afrika Selatan.

Menurut laporan tersebut, ikan tersebut kemungkinan terjerat lantaran penggunaan jaring insang laut dalam oleh para nelayan dalam ekspedisi berburu hiu mereka.

Sebagaimana diketahui, jaring laut dalam berteknologi tinggi dan mampu menjangkau area tempat coelacanth berkumpul yang biasanya terletak sekitar 328-492 kaki di bawah permukaan air.

Sebagai informasi, ikan Coelacanth telah ada di bumi jauh sebelum era dinosaurus. Awalnya, ikan tersebut dinyatakan punah sebelum akhirnya muncul kembali dari kepunahan pada tahun 1938.

Sejak itu, penemuan ikan Coelacanth dalam kondisi hidup ini kali ini adalah yang pertama sekaligus mengejutkan para ilmuwan.

Ikan ini diidentifikasi sebagai anggota spesies "Latimeria chalumnae" dengan delapan siripnya, tubuh besar, dan pola khusus pada sisiknya. Saat ini, ilmuwan kelautan menyerukan penguatan tindakan konservasi untuk melindungi ikan.