<p>Karyawan melayani calon pembeli di Dealer Mobil Tunas Daihatsu, Tebet, Jakarta, Rabu 17 Juni 2020. Kendati penjualan luluh, Toyota masih menjadi merek terlaris di Indonesia semasa pandemi. Toyota menjual 6.727 unit pada Mei, selanjutnya Daihatsu pada posisi dua dengan angka 3.673 unit, dan ketiga Suzuki 2.205 unit. Pada posisi empat ada Honda yang melego 1.291 unit dan kelima Mitsubishi Fuso sebanyak 844 unit. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Sudah Banting Harga, Mobil Bekas Tetap Sepi Peminat

  • JAKARTA – Meskipun telah memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek, penjualan mobil bekas masih belum juga membaik. Sejumlah showroom mobil bekas di wilayah Depok mengakui tren turunnya penjualan masih terjadi hingga kini. Nur Hadi, salah satu pemilik dealer mobil bekas mengaku saat ini memang membanting harga jual mobil bekas hingga […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Meskipun telah memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek, penjualan mobil bekas masih belum juga membaik. Sejumlah showroom mobil bekas di wilayah Depok mengakui tren turunnya penjualan masih terjadi hingga kini.

Nur Hadi, salah satu pemilik dealer mobil bekas mengaku saat ini memang membanting harga jual mobil bekas hingga 10% atau setara dengan potongan rata-rata senilai Rp15 juta.

“Sudah miring saja masih belum banyak yang mau,” kata Nur Hadi saat ditemui TrenAsia.com, Rabu, 24 Juni 2020.

Di sisi lain, justru banyak pihak yang menawarkan mobilnya untuk dijual di showroom karena kebutuhan ekonomi. Namun, Nur Hadi mengakui banyak menolak tawaran jual mobil bekas dikarenakan pihaknya lebih memprioritaskan penjualan stok mobil yang sudah ada.

Penjualan melalui platform dalam jaringan (online) juga bernasib sama. Kini, penjualan mobil bekas hanya mampu menembus 1-2 unit per bulan. Sebelumnya, bisnis mobil bekas mampu mencatat perolehan penjualan hingga 1-2 unit per minggunya pada musim tertentu seperti Lebaran karena kebutuhan mobil untuk perjalanan mudik.

Bahkan, Nur Hadi menuturkan ada beberapa showroom kecil yang tidak mampu bertahan saat ini. “Kami yang di sini masih lumayan, kalau di daerah lebih parah, sampai gulung tikar,” tambah dia.

Diskon Besar

Selain mendiskon harga motor seperti yang dilakukan Nur Hadi, dealer resmi Toyota, Auto2000 menggunakan strategi lain untuk mendongkrak penjualan mobil bekas. Melalui program #TrustFlashSale, Auto200 menawarkan lima tipe mobil bekas toyota dengan potongan harga hingga 50%.

Pendaftaran program ini telah dibuka sejak 21 Juni 2020 dan akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 08.00 – 15.00 WIB, khusus bagi konsumen yang berdomisili di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Adapun, lima mobil yang ditawarkan dalam program tersebut adalah Avanza 1.3 G MT 2015 diskon menjadi Rp60 juta dari Rp133 juta. Calya 1.2 G AT 2016 diskon menjadi Rp90 juta dari Rp120 juta.

Calya 1.2 G AT 2017 diskon dari Rp120 juta menjadi Rp95 juta. Vios 1.5 G AT 2015 diskon dari Rp160 juta menjadi Rp134 juta, dan Sienta 1.5 Q AT 2017 diskon dari Rp195 juta menjadi Rp188 juta.