Salah satu pabrik PT Chandra Asri di kawasan Cilegon Banten. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Sudah Capai Rp28 Triliun, Investasi di Cilegon Jauh Melebihi Target

  • Tingginya nilai investasi di Cilegon dapat didorong oleh beberapa faktor, seperti letak strategis kota tersebut, stabilitas politik, geografi yang menguntungkan, dan layanan yang cepat dan efisien.

Nasional

Bintang Surya Laksana

CILEGON - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian melaporkan nilai investasi di kota yang ia pimpin telah melebihi target awal yang sebesar Rp13 triliun. Helldy menyebutkan pada tahun 2023 ini nilai investasi di Kota Cilegon telah mencapai Rp28,15 triliun. Helldy menyebutkan Kota Cilegon juga menjadi penyumbang investasi yang besar di Provinsi Banten.

Helldy melaporkan jumlah total perusahaan di Kota Cilegon yang ikut berperan dalam penanaman modal adalah sebanyak 322 perusahaan dengan rincian sebanyak 121 penanaman modal asing (PMA) dan 211 penanaman modal dalam negeri (PMDN).

"Maka dari itu mari kita tingkatkan pembangunan di segala bidang. Sehingga dampak investasi ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar baik dalam aspek kesehatan, pendidikan dan lainnya," ujar Helldy Selasa 21 November 2023. 

Helldy menyebutkan tingginya nilai investasi di Cilegon dapat didorong oleh beberapa faktor, seperti letak strategis kota tersebut, stabilitas politik, geografi yang menguntungkan, dan layanan yang cepat dan efisien. 

Cilegon menarik banyak perusahaan untuk menanamkan investasi mereka karena faktor-faktor tersebut. Helldy juga melaporkan pertumbuhan industri terbesar terjadi di wilayah Pulomerak dan Ciwandan, jika dilihat dari perspektif tata ruang.

Helldy menekankan pertumbuhan investasi di daerah tersebut disebabkan oleh ketersediaan kawasan industri, tata ruang yang tersedia, serta infrastruktur jalan, pelabuhan, dan pergudangan yang mendukung. 

Untuk mencapai target investasi, upaya pembinaan dilakukan dengan memastikan pelaporan kegiatan penanaman modal.

Helldy sebagaimana dikutip dari Antara menyampaikan dalam beberapa waktu lalu, capaian investasi ini dapat tercapai berkat kontribusi dari sejumlah perusahaan yang telah berinvestasi di Cilegon. Atas kontribusi yang telah diberikan, Pemkot Cilegon memberikan penghargaan pada sejumlah perusahaan pada ajang Cilegon Business Forum And Investment Award 2023 yang terbagi dalam tiga kategori, yakni Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Menurut Helldy, ajang tersebut dapat meningkatkan kolaborasi antara Pemkot Cilegon dan dunia industri. Helldy beranggapan keberadaan perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Cilegon.

Penerima penghargaan Cilegon Business Forum And Investment Award 2023 kategori PMA diraih oleh PT Lotte Chemical Indonesia, PT Indo Raya Tenaga, PT Nippon Shokubai Indonesia, PT Asahimas Chemical, PT Krakatau Posco, PT Mc Pet Film Indonesia, PT Indorama Petrochemicals, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT Orbit Terminal Merak, dan PT Chandra Asri Petrochemical. 

Selanjutnya, kategori PMDN diraih oleh PT Krakatau Medika, PT Guna Teguh Abadi, PT Krakatau Steel, PT Medika Loka Cilegon, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Sentral Grain Terminal, PT Krakatau Sarana Properti, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Krakatau Daya Listrik, serta PT Timah Industri. 

Kemudian kategori UMKM, diberikan untuk Novi Sekarhati, Bawang Goreng Ceu Papay, Nidaurrohmah Gipang Efain, serta Jarnilah Kripik Pisang.