Punya iPhone Mahal Tapi Lemot? Ini Cara Mengatasinya
Gaya Hidup

Sudah Punya iPhone 13, Haruskah Beli iPhone 15?

  • Simak penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi dan fitur iPhone 13 dan iPhone 15. Ponsel iPhone mana yang akan Anda pilih?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - September adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para Apple fanboy atau fans Apple. Hal ini karena bulan September akan menjadi waktu di mana Apple merilis berbagai produk baru seperti iPhone 15.

Di dunia smartphone yang terus berkembang, para penggemar Apple tentu juga akan sangat antusias menunggu peluncuran iPhone 15 yang kabarnya akan dirilis pada 12 September. 

Namun, hal yang sering menjadi pertanyaan banyak orang akhir-akhir ini adalah apakah layak untuk membeli iPhone 15, jika sudah memiliki iPhone 13 yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Lalu, mengapa iPhone 15 dibandingkan dengan iPhone 13? Hal ini karena pada tahun 2022, iPhone 14 tidak memiliki banyak upgrade atau peningkatan jika dibandingkan dengan iPhone 13.

Seperti yang dilansir Trenasia dari HT Tech, mungkin bagi sebagian besar pengguna, iPhone 13 sudah cukup bagus dan kamera dasar iPhone telah mampu mengambil foto dengan cukup bagus. Lalu, apa saja perbedaan antara iPhone 15 dan iPhone 13? Simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan iPhone 13 dan iPhone 15

Berikut beberapa perbedaan yang dapat membantu Anda mengetahui apa saja perbedaan yang menonjol dari perangkat iPhone 13 dan iPhone 15.

1. Desain dan Ukuran iPhone 13 dan iPhone 15

Apple selalu mendapatkan pujian karena berani memiliki desain-desain yang unik, hal ini mungkin juga tidak berbeda. iPhone 15 diharapkan tidak akan memunculkan notch yang ikonik, dan lebih cenderung menggunakan Dynamic Island untuk memperoleh pengalaman yang lebih mulus.

Selain itu, pengenalan port USB-C mungkin tidak akan merevolusi fungsionalitas iPhone, tapi juga tidak menyederhanakan manajemen kabel. Apple juga dikabarkan akan memberikan kabel USB-C dengan warna yang senada untuk setiap varian.

Di luar perubahan tersebut, iPhone 15 dikabarkan tetap mempertahankan bingkai kaca-aluminium, perlindungan IP68, dan tata letak tombol yang sebelumnya biasa ditemukan di iPhone 13.

2. Perbedaan iPhone 13 dan iPhone 15

Perbedaan yang paling menonjol dari iPhone 13 dan iPhone 15 adalah pada penggantian notch dengan Dynamic Island. Dikabarkan, iPhone 15 tidak diberikan peningkatan yang signifikan pada layar seperti yang ada di layar iPhone 13 yaitu OLED 6,1 inci dengan kecepatan refresh 60Hz dan kecerahan puncak 1200 nit.

3. Kinerja dan Perangkat Lunak iPhone 13 dan iPhone 15

iPhone 15 dikabarkan disediakan RAM LPDDR5 6 GB yang dapat meningkatkan kemampuan multitasking dan kecepatan keseluruhan dibandingkan dengan iPhone 13 versi 4 GB. iPhone 15 juga akan memiliki iPS 17, sedangkan iPhone 13 bisa memperoleh iOS 17 paling lama dalam beberapa minggu setelah peluncurannya.

4. Kamera iPhone 13 dan iPhone 15

Sistem kamera iPhone 15 dilengkapi dengan sensor utama 48 MP baru yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja kamera ketika memotret di cahaya yang rendah. Selain itu, juga ada fitur-fitur baru termasuk mode 4K Cinematic pada 30 fps dan stabilisasi video ketika menggunakan Action Mode.

5. Baterai iPhone 13 dan iPhone 15

Fitur yang cukup menonjol di iPhone 13 adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Sedangkan iPhone 15 dirumorkan akan menggunakan baterai yang lebih besar dan berpotensi melampaui kinerja pendahulunya. Meski begitu, pengisian daya dikabarkan tidak mengalami peningkatan yang signifikan, karena penggunaan port USB-C lebih memengaruhi kompatibilitas kabel daripada kecepatan pengisian daya.

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi dan fitur iPhone 13 dan iPhone 15. Ponsel iPhone mana yang akan Anda pilih?