laptop
Tekno

Sudah Punya Wi-Fi Tapi Internet Masih Lemot? Ini Cara Mengatasinya

  • Inilah cara mengatasi Wi-Fi yang internetnya lambat atau lemot. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan teknologi dengan adanya internet memang dapat memudahkan kegiatan kita sehari-hari. Di zaman yang hampir semuanya serba otomatis menggunakan internet, ternyata bisa menimbulkan masalah lain yaitu ketika sambungan internet terputus atau koneksi internet yang lambat.

Internet yang lemot atau lambat pasti akan mengganggu setiap orang. Hal ini karena internet sangat diperlukan untuk hampir semua kegiatan sehari-hari mulai dari melakukan pembayaran secara online, bekerja, berbelanja, belajar, hingga bekerja.

Jika internet Anda menjadi lambat apalagi ketika sedang mengerjakan pekerjaan yang penting, hal tersebut tidak hanya mengganggu Anda tapi juga menunda pekerjaan Anda.

Mungkin Anda masih bisa bekerja dengan paket data yang Anda miliki di kartu sim, tapi memiliki Wi-Fi akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu tethering terus menerus yang dapat membuat baterai ponsel jadi boros.

Meski begitu, terkadang pengguna atau pemilik Wi-Fi juga mengalami kecepatan internet mereka lambat atau lemot. Hal ini ternyata bisa terjadi karena beberapa faktor.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Wi-Fi Anda memberikan kecepatan koneksi internet yang lambat.

Cara Mengatasi Wi-Fi yang Internetnya Lambat

Cara Mengatasi Wi-Fi yang Internetnya Lambat
  1. Pertama, Anda perlu memeriksa modem Anda. Pada umumnya setiap kali kecepatan internet lambat, hal pertama yang akan diperiksa atau diubah adalah router.

    Akan tetapi, sebenarnya Anda perlu memeriksa modem, bukan router. Modem adalah perangkat yang menghubungkan jaringan rumah ke penyedia layanan internet. Sedangkan router adalah alat yang dapat meneruskan paket data antar jaringan komputer.
     
  2. Selanjutnya, Anda perlu memeriksa posisi modem. Periksalah apakah model tidak ada gangguan dari benda berat atau dinding. Anda juga dapat mengubah lokasi modem dan mendekatkannya ke perangkat elektronik agar mempengaruhi kecepatan internet Anda.

Itu tadi cara mengatasi Wi-Fi yang internetnya lambat atau lemot. Selamat mencoba.