Lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mendapatkan perawatan setelah dipakai konser BLACKPINK akhir pekan lalu.
Gaya Hidup

SUGBK Steril Agenda Sampai Piala Dunia U-20, Duel Persija-Persib Kembali Kena Dampak

  • Rencana penutupan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga perhelatan Piala Dunia U-20 2023 berdampak pada sejumlah agenda yang sudah terjadwal.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Rencana penutupan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga perhelatan Piala Dunia U-20 2023 berdampak pada sejumlah agenda yang sudah terjadwal sebelumnya. Laga Timnas Indonesia melawan Burundi pada FIFA Matchday serta duel klasik antara Persija Jakarta versus Persib Bandung batal digelar di stadion tersebut. 

Kebijakan mensterilkan SUGBK dari kegiatan terlontar dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, setelah melihat kondisi rumput stadion itu setelah dipakai konser BLACKPINK. Erick meminta pengelola stadion tidak membolehkan agenda apapun hingga perhelatan Piala Dunia U-20 untuk menjaga kelayakan rumput SUGBK maupun fasilitas lain. 

“Semua event dibatalkan, tidak membeda-bedakan apakah event entertaintment, olahraga atau lainnya,” ujar Erick dikutip dari pssi.org, Selasa 14 Maret 2023.

Hal ini membuat duel Liga 1 antara Persija melawan Persib di SUGBK pada 31 Maret 2023 dibatalkan. Hingga kini belum diputuskan stadion pengganti untuk laga bertajuk El Clasico Indonesia itu. 

Hal ini menjadi pukulan kesekian bagi fans kedua klub. Sebelumnya Persija mengajukan SUGBK untuk menjamu Persib pada pertengahan Maret. Namun hal itu tak bisa diakomodasi karena stadion telanjur dibooking untuk konser BLACKPINK. 

Laga sarat gengsi itu pun diundur menjadi 31 Maret di SUGBK. Namun kebijakan terakhir dari PSSI membuat kecil kemungkinan laga tersebut bakal digelar sesuai rencana. Pensterilan SUGBK juga berdampak pada FIFA Matchday yang melibatkan Timnas Indonesia. Duel melawan Burundi yang sedianya digelar pada 25 Maret dan 28 Maret di SUGBK digeser ke Stadion Patriot Bekasi. 

“Tempat laganya dua-duanya di Stadion Patriot. Pertandingan ada penonton karena ini FIFA Matchday. Kita berharap masyarakat memberikan dukungannya,” ujar Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali.