<p>Kura-kura Galapagos, Diego</p>

Sukses Bikin 800 Anak, Diego Dikembalikan ke Galapagos

  • Galapagos-Kura-kura raksasa Galapagos berusia 100 tahun bernama Diego akan dikembalikan ke alam liar di Kepulauan Galapagos setelah menyelesaikan program penyelamatan. Program penyelamatan penyu, yang diluncurkan pada 1960-an, melibatkan partisipasi 13 penyu Galapagos jantan  termasuk Diego. Hasilnya, lebih dari 2.000 kura-kura berhasil menetas, dan Diego, yang kini berusia seratus tahun, dapat membanggakan dirinya sebagai ayah dari […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Galapagos-Kura-kura raksasa Galapagos berusia 100 tahun bernama Diego akan dikembalikan ke alam liar di Kepulauan Galapagos setelah menyelesaikan program penyelamatan.

Program penyelamatan penyu, yang diluncurkan pada 1960-an, melibatkan partisipasi 13 penyu Galapagos jantan  termasuk Diego. Hasilnya, lebih dari 2.000 kura-kura berhasil menetas, dan Diego, yang kini berusia seratus tahun, dapat membanggakan dirinya sebagai ayah dari 800 kura-kura.

“Sekitar 1.800 kura-kura telah dikembalikan ke Espanola dan sekarang dengan reproduksi alami, kami memiliki sekitar 2.000 kura-kura,” kata Jorge Carrion, Direktur Taman Nasional Galapagos, seperti dikutip oleh AFP Sabtu (11/01).

The Elephant (gajah) atau kura-kura Galapagos adalah spesies yang endemik di Kepulauan Galapagos. Ada beberapa subspesies, beberapa di antaranya tidak dapat diselamatkan.

Pada 2012, kura-kura Abingdon terakhir bernama Lonely George, yang berusia sekitar seratus tahun, meninggal. Para ahli mencoba membuatnya berkembang biak melalui perkawinan silang dengan subspesies lain, tetapi percobaan gagal.

Jumlah kura-kura gajah telah menyusut menjadi sekitar 3.000 pada tahun 1970-an, karena perusakan oleh manusia dan perubahan habitat mereka. Pada awal abad ke-21, ada sekitar 20.000 kura-kura gajah, tetapi spesies ini tetap rentan.