wahana bulan india.jpg
Tekno

Sukses Masuk Orbit, Chandrayaan-3 India Kini Bersiap Mendarat di Bulan

  • Chandrayaan-3 diluncurkan pada 14 Juli dan  menuju ke orbit awal Bumi yang sangat elips.

Tekno

Amirudin Zuhri

NEW DELHI- Wahana ruang angkasa Chandrayaan-3 India mencapai orbit bulan pada 5 Agustus. Pesawat ini juga telah  berbagi foto dan video baru tentang bulan menjelang pendaratan yang direncanakan pada 23 Agustus 2023.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) merilis gambar pada hari Minggu  6 Agustus. Foto  menunjukkan  pesawat ruang angkasa telah mencapai tujuannya sebelum upaya pendaratan.

Chandrayaan-3 diluncurkan pada 14 Juli dan  menuju ke orbit awal Bumi yang sangat elips. Kemudian secara bertahap meningkatkan orbitnya sebelum membuat maneuver  pada tanggal 31 Juli yang mengarahkannya ke bulan. “Pesawat ruang angkasa tersebut berhasil memasuki orbit di sekitar satelit alami kita pada Sabtu (5 Agustus),”  menurut ISRO dikutip Space.com Selasa 8 Agustus 2023

Pesawat ruang angkasa akan melakukan pembakaran mesin lebih lanjut untuk membawanya ke jalur melingkar sekitar  100 kilometer di atas permukaan bulan seminggu sebelum upaya pendaratan yang diharapkan.

Gambar yang baru dirilis,  menunjukkan susunan surya pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di latar depan. Bulan, dengan ciri-ciri termasuk kawah  besar   berada di latar belakang.

Misi Chandrayaan-3 senilai 6 miliar rupee atau sekitar Rp1,1 trliun (kurs Rp183) bertujuan untuk melakukan pendaratan yang tepat di sekitar kutub selatan bulan. Jika berhasil, India akan bergabung dengan Amerika Serikat, bekas Uni Soviet, dan China sebagai satu-satunya negara yang melakukan pendaratan lunak di bulan.

Pendarat misi, yang dikenal sebagai Vikram, juga membawa penjelajah kecil bernama Pragyan. Pasangan ini akan menghabiskan bagian terbaik dari satu hari bulan (sekitar 14 hari Bumi) melakukan operasi permukaan  sebelum menyerah pada dinginnya malam bulan.