Sukses! Penonton Oscar Award ke-96 Tertinggi dalam Empat Tahun Terakhir
Hiburan

Sukses! Penonton Oscar Award ke-96 Tertinggi dalam Empat Tahun Terakhir

  • Acara Penghargaan Oscar ke-96 yang ditayangkan langsung oleh ABC pada hari Minggu berhasil menarik perhatian sebanyak 19,5 juta penonton, mencapai tingkat tertinggi dalam empat tahun terakhir menurut Nielsen.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Acara Penghargaan Oscar ke-96 yang ditayangkan langsung oleh ABC pada hari Minggu berhasil menarik perhatian sebanyak 19,5 juta penonton, mencapai tingkat tertinggi dalam empat tahun terakhir menurut Nielsen. 

Jumlah penonton televisi langsung ini meningkat dari 18,8 juta tahun lalu, menandai pertumbuhan penonton Oscar untuk tahun ketiga berturut-turut.

Laporan peringkat ini tentu menjadi kabar baik bagi ABC dan akademi, yang memutuskan untuk memajukan waktu mulai penyelenggaraan acara penghargaan tersebut menjadi pukul 7 malam waktu Timur, satu jam lebih awal dari biasanya, dengan harapan menarik lebih banyak penonton hingga kategori terakhir.

Strategi tersebut tampaknya berhasil, didukung oleh banyaknya nominasi untuk film-film populer seperti "Barbie" dan "Oppenheimer" — suatu perubahan dari tahun-tahun sebelumnya ketika film-film yang kurang dikenal mendominasi acara tersebut. Penampilan keempat Jimmy Kimmel sebagai pembawa acara juga mendapat ulasan positif, dan kini ia hanya satu langkah lagi untuk menyamai prestasi bintang acara larut malam Johnny Carson yang pernah menjadi pembawa acara Oscar.

Menurut Nielsen, Oscar hari Minggu lalu merupakan pertunjukan penghargaan jaringan yang paling banyak ditonton sejak Februari 2020, mengikuti tren peningkatan minat penonton untuk acara budaya massal sejak pandemi.

Bulan Februari lalu, 16,9 juta orang menyaksikan Grammy Awards, meningkat 34% dibandingkan tahun sebelumnya. Golden Globe pada bulan Januari juga meningkat 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Super Bowl antara Kansas City Chiefs dan San Francisco 49ers bahkan memecahkan rekor penonton dengan jumlah mencapai 123,7 juta. Bahkan Tony Awards 2023, yang biasanya merupakan acara paling sedikit ditonton di antara kuartet "EGOT," juga mengalami peningkatan penonton.

Pada Oscar hari Minggu, Billie Eilish membawakan lagu pop balad "What Am I Made For?" dan Ryan Gosling memberikan penampilan kocak namun berdedikasi dengan lagu "I'm Just Ken." Koreografi acara ini, yang terinspirasi dari film-film Busby Berkeley dan musikal Marilyn Monroe "Gentlemen Prefer Blondes," dilengkapi dengan penampilan cameo gitaris thrash-rock Slash dan sejumlah karakter Ken dari "Barbie," termasuk Simu Liu.

ABC, yang memegang hak siar Oscar hingga tahun 2028, menyatakan bahwa semua slot iklannya terjual habis untuk acara Minggu lalu. Harga iklan tidak diumumkan, tetapi eksekutif periklanan menyebutkan bahwa ABC menagih antara US$1,7 juta setara Rp26,43 miliar hingga US$2,2 juta atau setara Rp34,08 miliar untuk setiap iklan 30 detik. Angka ini mengalami kenaikan sedikit dari tahun sebelumnya.

Beberapa iklan bahkan muncul selama siaran langsung, seperti iklan tequila Don Julio yang menampilkan Guillermo Rodriguez, teman sejawat Kimmel, menawarkan minuman tersebut kepada selebriti di hadapan.

Pada tahun 2021, ketika Oscar diselenggarakan secara sederhana di stasiun kereta Los Angeles karena pandemi, hanya 10,4 juta penonton yang menonton. Namun, jumlah penonton meningkat pada tahun 2022 menjadi 16,6 juta, sebagian karena insiden aneh Will Smith menampar Chris Rock.

Meskipun demikian, perubahan kebiasaan menonton televisi sudah pasti terjadi. Sebelum tahun 2018, siaran Oscar tidak pernah menurun di bawah 32 juta penonton.