PT United Tractors Tbk menerima penghargaan dalam ajang penganugerahan TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023
Energi

Sukses Terapkan ESG, United Tractors Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

  • PT United Tractors Tbk sukses menerima penghargaan kategori Coal dengan predikat Action dalam ajang penganugerahan TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.
Energi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - PT United Tractors Tbk sukses menerima penghargaan kategori Coal dengan predikat Action dalam ajang penganugerahan TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno memberikan secara langsung penghargaan tersebut kepada United Tractors yang telah menunjukkan kerja nyata sekaligus memberikan contoh dan motivasi bagi perusahaan-perusahaan lain di Indonesia.

"Selamat untuk United Tractors yang telah meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Coal. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia," ungkapnya sesaat setelah memberikan penghargaan kepada para pemenang.

Ia juga mengatakan penghargaan ini diberikan untuk perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

Dengan adanya ajang penghargaan ini, diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis untuk terus berupaya menerapkan ESG dengan baik pada perusahaan demi keberlanjutan yang nantinya akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri menyampaikan aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. 

Menurutnya, hal tersebut bukan hanya di tingkat global, karena saat ini kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG semakin tajam. 

Dengan praktik ESG, Daniri percaya perusahaan bukan hanya mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus perihal bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Berkaca dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, terbukti mereka lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, dewan juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” tutupnya.

Sebagai informasi, tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Sebelumnya TrenAsia telah melaksanakan gelaran penghargaan bagi perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dengan baik melalui TrenAsia ESG Excellence 2022.

Pada ajang TrenAsia ESG Award 2023, TrenAsia telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian dimulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.