Penandatanganan berita acara pengangkatan jabatan oleh Sulaiman Syarif di Istana Negara, Rabu 25 Oktober 2023 (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Kepresidenan)
Nasional

Sulaiman Syarif Ditunjuk jadi Duta Besar RI untuk Argentina

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sulaiman Syarif sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay. Sulaiman Syarif dilantik di Istana Negara, Rabu 23 Oktober 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sulaiman Syarif sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay. Sulaiman Syarif dilantik di Istana Negara, Rabu 23 Oktober 2023. 

Presiden Jokowi terlebih dulu menanyakan kepada Sulaiman perihal kesediaannya diambil sumpah menurut Agama Islam. Hal itu lantas dijawab bersedia oleh Sulaiman. Setelah itu Presiden Jokowi memintanya untuk mengikuti dan mengulangi kata-kata yang diucapkannya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalanakan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden Jokowi diikuti oleh Sulaiman

“Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh,” lanjut Presiden Jokowi dalam membacakan sumpah kepada Sulaiman, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Sulaiman Syarif diambil sumpahnya di bawah Alquran. Ia kemudian menandatangani berkas berita acara pengangkatan jabatan usai mengucapkan sumpah dengan disaksikan oleh Presiden Jokowi.

Ia diangkat menjadi duta besar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 82/P tahun 2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI tertanggal 21 September 2023. Nantinya ia akan berkedudukan di Buenos Aires, Argentina selama menjalankan tugasnya sebagai dubes.

Sebelum diangkat menjadi dubes untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Oriental Uruguay, Sulaiman telah lebih dahulu menjadi Wakil Kepala Misi Kedutaan RI di Brussel, Belgia. Sulaiman menyatakan akan segera menuju Argentina usai pelantikannya sebagai dubes, dikutip dari Antara.

Selain Sulaiman Syarif, hari ini Jokowi melantik dua pejabat lain yakni Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang menggantikan Syahrul Yasin Limpo dan KSAD Letjen Agus Subiyanto yang menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.