Best budgeting app
Gaya Hidup

Sulit Kelola Keuangan? Coba Aplikasi Berikut, Dijamin Ketagihan

  • Mengelola anggaran keuangan di zaman sekarang bisa semakin mudah dengan bantuan aplikasi di smartphone anda.
Gaya Hidup
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Mengelola anggaran keuangan di zaman sekarang bisa semakin mudah dengan bantuan aplikasi di smartphone anda.

Urusan keuangan memang menjadi satu dari beberapa hal yang riskan untuk dipelajari, apalagi jika sudah ada sangkut pautnya dengan angka.

Menurut survei yang dilakukan oleh OCBC NISP mengenai Financial Fitness Index pada tahun 2021 dan 2022 terjadi kenaikan yang cukup menjanjikan. Skor pada tahun 2021 adalah sekitar 37,72 lalu pada tahun 2022 naik di angka 42. Namun angka tersebut masih jauh dari batas skor sehat yaitu 75

Sayangnya, terdapat perbedaan antara apa yang mereka pikirkan dengan apa yang sebenarnya dilakukan. Hal tersebut dibuktikan dengan 80% dari mereka tidak melakukan pencatatan anggaran. 

Maka dari itu ada beberapa kemudahan yang dunia digital tawarkan untuk mengelola pencatatan anggaran anda, berikut di antaranya: 

1. Mint

Dilansir dari laman zdnet.com Mint adalah satu aplikasi budgeting terpopuler. Kelebihan yang Mint tawarkan adalah mengizinkan anda untuk membuat pengeluaran anda secara pribadi dan akan memonitor pengeluaran anda. Kemudian aplikasi ini juga akan mempelajari kebiasaan anda menyalurkan uang anda ke pos mana hingga memberikan saran bagaimana meningkatkan tabungan anda. Kekurangan dari Mint adalah tidak kompatibel dalam membuat akun bersama hingga terbatas pada penganggaran bulanan saja.

2. Goodbudget

Goodbudget adalah aplikasi pengelola keuangan yang bisa anda gunakan untuk melacak pengeluaran anda. Semua transaksi yang ada di Goodbudget akan tersinkronisasi ke dalam cloud jadi anda tidak perlu khawatir dengan beberapa transaksi anda sebelumnya. 

Adapun fitur menariknya adalah Digital Envelope dimana fitur ini bisa membantu mengkategorikan keuangan anda ke dalam dana yang tersedia dan di tiap amplop bisa anda gunakan untuk pengeluaran tertentu. Kekurangan dari Goodbudget adalah anda harus berlangganan ke versi premium unutk mendapatkan akses yang lebih banyak.

3. Personal Capital

Lebih dari 2,8 juta orang sudah menggunakan Personal Capital untuk aplikasi budgeting. Berbeda dengan Mint dan juga Goodbudget, Personal Capital lebih menyasar pada investor. Aplikasi ini selain bisa mengatur tabungan, juga bisa digunakan untuk investasi, saham hingga dana pensiun. 

Beberapa fitur andalannya seperti The Cash Flow, Investment Checkup hingga Retirement Planner adalah fitur unggulan dari Personal Capital. Jika anda memilih opsi klien investasi pada aplikasi ini, anda akan mendapatkan arahan langsung dari penasihat keuangan yang ada di Personal Capital. Kekurangan dari Personal Capital adalah adanya biaya untuk beberapa fitur premium tertentu.

4. Pocketguard

Pocketguard menawarkan banyak fitur yang dibantu oleh algoritma untuk mengatur serta melacak pengeluaran anda. Pocketguard juga membantu memantau tagihan yang anda miliki dan memastikan anda tidak melewatkan tanggal tagihan tersebut. 

Kemudian fitur IN MY POCKET, Pocketguard akan secara otomatis menghitung pengeluaran bulanan anda dan memberitahukan apakah ada dana tersisa yang bisa dibelanjakan. Kekurangan yang ada pada aplikasi ini adalah adanya biaya berlangganan yang bervariasi serta penilaian yang rendah di lama Google Play.

5. You Need a Budget (YNAB)

You Need a Budget sudah memberikan hasil yang impresif pada laman zdnet.com bahwa beberapa pengguna baru sudah menghemat rata-rata US$600 dalam dua bulan pertama dan juga US$6.000 dalam tahun pertama penggunaan aplikasi. 

Pada aplikasi ini anda bisa melihat perhitungan debit dan kredit anda, sehingga anda bisa mengambil langkah mana yang perlu diperhatikan dan mana yang berjalan dengan baik. Ada juga fitur Spending & Net Worth yang berfungsi unutk menetapkan tujuan dan melacak sejauh mana progress yang sudah anda lakukan dalam menyimpan sampai dengan menghemat pengeluaran anda. 

Untuk saat ini YNAB akan berjalan gratis selama 34 hari, jadi anda bisa mencoba terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

Anda perlu pertimbangkan dari ke-5 aplikasi tadi apa yang paling cocok untuk anda. Jika anda butuh aplikasi gratis dengan beragam fitur yang oke, anda bisa pilih Mint.

Jika anda ingin membagi ke dalam beberapa pos digital, bisa pilih Goodbudget. Kalau anda tipe yang memang suka dengan investasi dan juga portofolio finansial, bisa pilih Personal Capital.

Kemudian jika ingin melacak kemana pengeluaran anda selama ini, bisa gunakan Pocketguard dan jika ada rencana ke depan serta memimpikan pengaturan pembiayaan yang ideal, anda bisa pilih YNAB.