Elon Musk
Dunia

Sumbang Rp1,5 Triliun Elon Musk Bakal Bangun Universitas di Texas

  • CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk berencana mendirikan universitas di Austin, Ibukota Texas. Informasi ini didapat dari pengajuan pajak yang diperoleh Bloomberg. Dalam dokumen tersebut disebutkan badan amal milik Elon Musk, The Foundation mendapatkan sumbangan US$100 juta atau setara Rp1,55 triliun (kurs Rp15.483) dari sang pemilik.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk berencana mendirikan universitas di Austin, Ibukota Texas. Informasi ini didapat dari pengajuan pajak yang diperoleh Bloomberg. Dalam dokumen tersebut disebutkan badan amal milik Elon Musk, The Foundation mendapatkan sumbangan US$100 juta atau setara Rp1,55 triliun (kurs Rp15.483) dari sang pemilik.

Institusi ini berencana untuk membangun sekolah dasar dan menengah yang berfokus pada Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika atau STEM dengan kelas awal untuk 50 ornag.

Menurut permohonan ke Internal Revenue Service untuk status bebas pajak yang diperoleh Bloomberg, setelah lembaga pendidikan tersebut beroperasi, mereka berniat akan memperluasnya dengan membangun universitas yang akan “didedikasikan untuk pendidikan di tingkat tertinggi”. Serta mencari akreditasi dari Asosiasi Kolese dan Perguruan Tinggi Selatan yang berbasis di Georgia. 

Universitas tersebut digadang-gadang akan didanai melalui biaya kuliah dan sumbangan yang kemungkinan besar berasal dari The Foundation. Untuk diketahui The Foundation sendiri telah mendapat sumbangan saham Tesla senilai US$2,2 miliar atau setara Rp34,06 triliun tahun lalu. 

Adapun dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa sekolah ini “bermaksud untuk membebaskan biaya kuliah,” meskipun mungkin akan membebankan biaya sekolah dan menawarkan beasiswa berdasarkan kebutuhan. 

Universitas ini disebut akan mempekerjakan “tenaga fakultas berpengalaman” dan menampilkan kurikulum tradisional “di samping pengalaman pembelajaran langsung termasuk simulasi, studi kasus, proyek fabrikasi desain, dan laboratorium.

Forbes memperkirakan sepanjang hidupnya, Elon Musk telah menyumbangkan uang sebanyak US$410 juta setara Rp6,35 triliun. Nominal ini belum termasuk jumlah yang masih ada di badan amalnya yang telah menerima total US$7,9 miliar setara Rp122,32 triliun saham Tesla dari tahun 2021 hingga 2022 dan jumlah yang dikirim ke dana bantuan yang penerima akhirnya tidak diketahui. 

Masih dilansir dari Forbes, perkiraan kekayaan bersih Elon Musk adalah sebesar US$243,5 miliar atau setara Rp3,78 kudriliun. Hal ini menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia.