<p>Uang kertas rupiah baru edisi HUT ke-75 RI. / Bi.go.id</p>
Gaya Hidup

Super Langka, Ini 7 Uang Kertas Kuno Incaran Kolektor Berharga Miliaran

  • Meskipun susah ditemukan dan harganya selangit, peminat uang kuno ini, terutama uang kertas memiliki peminat yang sangat banyak
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Uang kuno, menjadi salah satu barang antik yang kerap menjadi incaran kolektor. 

Meskipun susah ditemukan dan harganya selangit, peminat uang kuno ini, terutama uang kertas memiliki peminat yang sangat banyak. Berikut ini adalah deretan uang kertas kuno di Indonesia dan dunia dengan harga fantastis.

1. Uang Kertas Rp100

Uang kertas pecahan Rp100 berwarna merah terang dengan gambar perahu layar digunakan masyarakat Indonesia sejak 28 Desember 1992. Uang ini ditarik peredaran dan dihentikan penggunaannya pada tahun 2000.

Meski Begitu, uang ini masih jadi incaran para kolektor uang kuno. Untuk mendapatkan uang ini, Anda harus menyediakan uang kisaran Rp10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga tertinggi di situs jual beli online untuk uang ini adalah Rp300 ribu per lembarnya.

2. Uang Kertas 1.000 Gulden

Pecahan ini merupakan alat pembayaran sah di masa kolonial Belanda. Memiliki gambar wayang, uang yang dikeluarkan langsung oleh De Javasche Bank pada sekitar tahun 1933 hingga 1939 dan jadi alat Tukar resmi Hindia Belanda.

Pecahan ini jarang ditemukan di Indonesia saat ini. Itulah yang menyebabkan uang ini diburu kolektor. Sejumlah sumber mengatakan uang ini bisa didapat dengan harga Rp100 juta per lembarnya.

3. Uang kertas US$1000

Pecahan asal Amerika Serikat ini dirilis kisaran tahun 1890. Lantaran dinilai sebagai uang yang cukup tua dan kuno, pecahan ini dilelang dengan harga mencapai US$3,29 juta atau setara dengan Rp49,3 miliar (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS).

4. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru

Pada 1840, Selandia baru menggunakan pound sebagai mata uang resmi sebelum berganti menjadi dolar pada 1967. Inilah yang menjadi penyebab uang kertas 100 pound dari selandia baru diincar sejumlah kolektor.

Berdasarkan informasi, salah satu uang kertas kuno Selandia Baru yang menjadi incaran para kolektor adalah 100 pound keluaran tahun 1929. Uang yang diproduksi oleh Bank of New Zealand itu pernah dilelang dengan harga US$11.500 atau Rp173 juta.

5. Uang Kertas Dinasti Ming

Uang kertas yang disinyalir sebagai uang kertas pertama di dunia ini dicari banyak kolektor dunia.  Melansir laman Bank Note World, uang kertas Dinasti Ming ini diperkirakan dicetak pada abad ke-3 di masa Dinasti Ming.

Uang kertas dinasti Ming pertama kali ditemukan pada abad ke-13 oleh seorang juru lelang. Pecahan tersebut ditemukan di dalam patung kayu kuno. Patung dan uang kertas kuno Dinasti Ming itu kemudian dilelang seharga US$35.806 atau sekitar Rp536 juta.

6. Uang Kertas Rp5.000

Pada 1958, masyarakat indonesia menggunakan uang kertas pecahan Rp5.000 dengan gambar seorang wanita yang sedang memegang padi. Di sisi lainnya, terlihat gambar hamparan sawah dengan terasering.

Uang ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan uang kertas lainnya. Pada masa itu, pecahan ini punya nilai yang sangat tinggi. 

Bahkan menurut informasi, pecahan tersebut bisa digunakan untuk membeli kendaraan dan hanya dimiliki oleh orang kaya. Lantaran termasuk sebagai deretan uang kuno yang langka, pecahan ini dijual dengan harga Rp4 juta per lembar.