Nasional

Super Topan Nanmadol Hantam Jepang, 9 Juta Orang Diminta Mengungsi

  • Sekitar sembilan juta orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka saat Jepang dilanda salah satu topan terburuk yang pernah terjadi di negara itu.
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

TOKYO- Sekitar sembilan juta orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka saat Jepang dilanda salah satu topan terburuk yang pernah terjadi di negara itu. Super topan  Nanmadol telah menewaskan dua orang dan melukai hampir 90 orang.

Badai menghantam pulau paling selatan Jepang, Kyushu, pada Minggu pagi dan diperkirakan akan melewati pulau utama Honshu dalam beberapa hari ke depan.

Puluhan ribu orang menghabiskan Minggu malam di tempat penampungan darurat dan hampir 350.000 rumah tanpa listrik.

Sebagaimana dilaporkan BBC Senin 19 September 2022, transportasi dan bisnis telah terganggu, dan negara ini bersiap menghadapi banjir besar dan tanah longsor.

Nanmadol telah mengakibatkan angina dengan kecepatan hingga 234km/jam  dan beberapa daerah diperkirakan akan hujan 400mm  dalam 24 jam.

Layanan kereta peluru, feri, dan ratusan penerbangan telah dibatalkan. Banyak toko dan bisnis lain telah tutup, dan karung pasir telah dipasang untuk melindungi beberapa properti.

Penyiar negara NHK mengatakan satu orang tewas ketika mobilnya terendam banjir, dan satu lagi meninggal setelah terkubur dalam tanah longsor. Satu orang lagi masih hilang, dan 87 lainnya terluka.

Badai diperkirakan akan berbelok ke timur dan melewati pulau utama Jepang Honshu sebelum pindah ke laut pada hari Rabu. Ibukota, Tokyo, telah mengalami hujan lebat dengan jalur bawah tanah Tozai ditangguhkan karena banjir.

Peringatan tingkat lima, tertinggi dalam skala peringatan bencana Jepang, telah dikeluarkan untuk lebih dari 500.000 orang di wilayah Kagoshima, Miyazaki, Oita, Kumamoto dan Yamaguchi.

Sebanyak sekitar sembilan juta orang telah diperintahkan untuk mengevakuasi bagian dari wilayah Kyushu, Shikoku dan Chugoku setelah peringatan tingkat empat.

Nanmadol telah dikategorikan sebagai super topan oleh US Joint Typhoon Warning Center (JTWC). Sebuah  istilah yang digunakan untuk badai dengan kecepatan angin berkelanjutan 240km/jam  atau lebih. Ini setara dengan badai kategori empat atau lima.

Perdana Menteri Fumio Kishida telah menunda kunjungan ke New York, di mana ia akan memberikan pidato di Majelis Umum PBB   untuk memantau dampak badai.

Para ilmuwan telah memperkirakan musim badai yang sangat aktif tahun ini, dipengaruhi oleh fenomena alam yang dikenal sebagai La Niña.

Suhu permukaan laut yang lebih hangat di Atlantik dan Karibia sebagai akibat dari perubahan iklim juga dapat berdampak.