<p>Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Support-Resistance IHSG 6.256-6.368, Rekomendasi Saham HMSP, BJBR, dan BSDE

  • Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyatakan bahwa indikator MACD masih menunjukkan sinyal positif. Namun, stochastic dan RSI berada pada area netral. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.368,41.

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Jumat, 5 Maret 2021. Sejumlah sentimen negatif dan penurunan indeks yang cukup signifikan kemarin akan memengaruhi pergerakan IHSG akhir pekan ini.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi tekanan yang cukup besar. Secara teknikal, IHSG akan bergerak pada rentang 6.202–6.378.

Kendati begitu, kata dia, jika support level berikut dapat dipertahankan dengan kuat, maka IHSG masih berpotensi untuk mengalami penguatan. Menurutnya, sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas juga akan turut mewarnai pergerakan IHSG.

 “Hari ini IHSG berpotensi melemah,” ujar William seperti pada riset harian yang diterima TrenAsia.com, Jumat 5 Maret 2021.

Meskipun kondisi IHSG diperkirakan tidak baik, ia merekomendasikan sejumlah saham yang layak untuk dicermati. Antara lain HMSP, SMRA, KLBF, BBNI, SMGR, AKRA, dan ACES.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyatakan bahwa indikator MACD masih menunjukkan sinyal positif. Namun, stochastic dan RSI berada pada area netral. Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.368,41.

“Di sisi lain, terlihat pola long black marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG,” tutur dia.

Nafan turut membagikan sejumlah menu saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya BJBR, BSDE, BWPT, MNCN, RALS, serta UNTR.

IHSG ditutup terkoreksi signifikan sebesar 1,35% ke level 6.290,80 pada akhir sesi perdagangan Kamis, 4 Maret 2021. Sebanyak 154 saham naik, 314 saham terkoreksi, dan 163 stagnan.

Kemarin, IHSG bergerak pada rentang support resistance 6.270,11–6369,41. Sedangkan kapitalisasi pasar saat ini tercatat sebesar Rp7.436,18 triliun. (SKO)