putri_diana1.jpg
Gaya Hidup

Surat Curhat Putri Diana Soal Cerai Terjual Rp2,5 Miliar

  • Meski meninggal sekitar 26 tahun lalu, Lady Di atau Putri Diana masih mengundang pesona.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Meski meninggal sekitar 26 tahun lalu, Lady Di atau Putri Diana masih mengundang pesona. Terbukti surat surat pribadinya yang ditulis untuk sahabatnya selama masa perceraiannya dengan Pangeran Charles (sekarang Raja Charles III) terjual sekitar US$17.000 dollar atau sekitar Rp2,5 miliar (kurs Rp15.100). 

Surat Diana ini ditulis untuk dua sahabat dekatnya yakni pasangan suami istri Susie dan Tarek Kassem. Menurut rumah lelang Inggris, Lay's Auctioneers, surat  dijual melalui penjualan yang berjudul 'Diana, the Private Correspondence of a Princess' baru-baru ini.

Catatan pribadi Diana ini ditulis untuk keluarga Kassem antara tahun 1994 sampai 1997. Diana sendiri meninggal dalam kecelakaan pada 31 Agustus 1997. Menurut laporan, surat ditulis dengan menggunakan alat tulis yang dimiliki Istana Kensington dan dengan sandi kerajaan milik Diana.

"Susie dan Tarek Kassem, sebagai teman dekat Diana, Princess of Wales, telah menyimpan surat-surat ini selama lebih dari 25 tahun," kata Lay's Auctioneers sebagaimana dikutip People.

"Mereka menggambarkan hubungan yang spesial dan penuh kasih sayang dari wanita paling unik yang pernah mereka kenal. Sekarang di tahun 2023, kepemilikan dokumen-dokumen yang menyedihkan ini adalah tanggung jawab yang tidak ingin diwariskan pada keluarga Kassem, terutama anak dan cucu mereka. Mereka telah memutuskan untuk menjual surat-surat itu dan menggunakan hasil penjualan untuk mendukung beberapa badan amal yang dekat dengan Susie dan Diana."

Hasil penjualan surat-surat Diana ini akan didonasikan untuk badan amal yang tidak disebutkan namanya. Namun, rumah lelang Inggris itu menyatakan bahwa keluarga Kassem menyimpan beberapa surat yang 'lebih pribadi dan rahasia' dari Diana.

Surat itu sendiri memberi gambaran sekilas tentang bagaimana perasaan Diana saat menghadapi perceraian dari Charles. Setelah 11 tahun menikah, Charles dan Diana berpisah pada Desember 1992 dan resmi bercerai pada Agustus 1996.

"Jika saya tahu setahun lalu saya akan melalui perceraian ini, saya tidak akan pernah setuju. Ini sangat menyedihkan dan buruk," demikian tulis Diana dalam surat bertanggal 20 Mei 1996 tersebut.

Pada Natal 1996, Putri Diana menuliskan tentang gambaran dirinya yang tak begitu menyukai Natal. Tetapi, ia juga menuliskan harapannya untuk tahun depan, tahun di mana ia meninggal dunia.

Selain soal perceraian, Diana juga menuliskan topik persahabatan dengan Susie. Dalam satu surat lainnya, Diana menggambarkan persahabatannya dengan Susie yang 15 tahun lebih tua darinya. Ia menggambarkan Susie seperti seorang kakak perempuan yang memiliki hobi yang sama dengannya.

"Saya kehabisan kata-kata untuk mengggambarkan semua hal indah yang Anda (Susie) bawa ke dalam hidup saya, ketika banyak orang meninggalkan kapal ini (saya)!" tulis Diana.