Pekerja melayani konsumen di gerai Kamarasa yang menjual tembakau dengan berbagai varian di kawasan Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu, 5 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Survey IKK BI: Optimisme Konsumen Menguat pada Januari 2022

  • Survei Konsumen Bank Indonesia pada Januari 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Januari 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2022 sebesar119,6 atau lebih tinggi dari 118,3 pada Desember 2021. Kenaikan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Banten, diikuti Pontianak dan Makassar.

Kepala Departemen Komunikasi dan Direktur Eksekutif BI Erwin Haryono menyatakan peningkatan keyakinan konsumen pada Januari 2022 didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap penghasilan saat ini dan pembelian barang tahan lama (durable goods). 

Jika dirinci, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan dengan enam bulan yang lalu terpantau membaik pada Januari 2022. Indeks Penghasilan Saat Ini pada Januari 2022 mengalami peningkatan pada hampir seluruh kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp2,1juta-Rp3 juta per bulan. Berdasarkan usia, Indeks 

"Penghasilan saat Ini juga tercatat meningkat pada mayoritas kategori usia responden, ” kata dia dalam website resmi seperti dikutip Jumat, 11 Februari 2022.

Sejalan dengan membaiknya Indeks Penghasilan Saat ini, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) terpantau meningkat pada Januari 2022. Kenaikan indeks tercatat terutama pada responden dengan pengeluaran Rp3,1 juta-Rp4 juta per bulan. Berdasarkan kategori usia, keyakinan untuk membeli durable goods meningkat pada hampir seluruh kelompok usia responden

Ditambahkan, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik pada seluruh indeks pembentuknya, tertinggi pada indeks ekspektasi penghasilan. Ekspektasi responden terhadap penghasilan pada enam bulan yang akan datang mengalami perbaikan, tercermin dari Indeks Ekspektasi Penghasilan Januari 2022 sebesar 139,6, lebih tinggi dari 137,5 pada bulan sebelumnya. 

Indeks tercatat naik pada mayoritas kelompok tingkat pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp3,1-4 juta per bulan. Sementara itu, ditinjau menurut kategori usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan juga menguat pada hampir seluruh kelompok usia responden.