<p>Emiten pemurnian gas PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) / Sep.co.id</p>
Korporasi

Surya Eka Perkasa (ESSA) Tambah 10 Persen Kepemilikan Saham Panca Amara Utama lewat Entitas Usaha

  • Adapun emiten yang fokus bisnis sektor energi dan kimia lewat kilang LPG dan pabrik amoniaknya ini merogoh kocek hingga Rp1,77 triliun untuk memborong 17,79 miliar saham baru yang diterbitkan dari dalam simpanan (portepel) PT Sepcham.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Surya Eka Perkasa Tbk (ESSA) menambah 10,54% kepemilikan saham di PT Panca Amara Utama (PAU) lewat entitas usaha, PT Sepchem. Lewat aksi korporasi ini, ESSA kini menggenggam 70% saham PT Panca Amara Utama senilai Rp3,6 triliun atau 36,09 miliar saham, dari sebelumnya hanya 60% senilai Rp1,83 triliun atau 18,3 miliar lembar saham.

Adapun emiten yang fokus bisnis sektor energi dan kimia lewat kilang LPG dan pabrik amoniaknya ini merogoh kocek hingga Rp1,77 triliun untuk memborong 17,79 miliar saham baru yang diterbitkan dari dalam simpanan (portepel) PT Sepcham. 

Corporate Secretary PT Surya Eka Perkasa Shinta D. U. Siringoringo mengatakan aksi korporasi ini sejalan dengan strategi bisnis perseroan yang juga fokus pada bisnis amoniak. Sepanjang tahun 2022 lalu, bisnis amoniak ESSA menyumbang 93% dari total pendapatan dan diharapkan akan terus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan ESSA ke depannya. 

“Peningkatan penyertaan di PAU diharapkan dapat meningkatkan Earnings per Share (EPS) terutama mengingat proyek blue ammonia yang akan datang,” kata Shinta dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa, 7 Maret 2023.

Adapun secara total PT Sepcham, perusahaan terkendali ESSA meningkatkan modal dasarnya dari Rp3,6 triliun menjadi Rp14 triliun, yang meliputi penambahan jumlah saham dari 36 miliar saham menjadi 140 miliar saham.

Hubungan ESSA dengan PT Sepcham berdasarkan kepemilikan saham, ESSA merupakan pemegang saham pengendali dalam PT Sepchem sebesar 99,99% setara 36,09 miliar saham. 

Sedangkan berdasarkan kepengurusan, Direktur dan Komisaris Surya Esa Perkasa turut menjabat sebagai Direktur dan Komisaris PT Sepchem. Mereka adalah Komisaris Sepchem Rahul Puri, Presiden Direktur Sepchem Kanishk Laroya, dan Direktur Sepchem Isenta.