<p>Emiten properti PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) / Suryainternusa.com</p>
Industri

Surya Semesta Internusa (SSIA) kembangkan Smart City di Subang yang Terhubung Kawasan Rebana Metropolitan

  • PT Surya SEmesta Internusa Tbk (SSIA) melalui anak usahanya PT Suryacipta Swadaya mulai fokus mengembangkan smart city di Subang Metropolitan.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Emiten pengembang kawasan industri PT Surya SEmesta Internusa Tbk (SSIA) melalui anak usahanya PT Suryacipta Swadaya mulai fokus mengembangkan smart city di Subang Metropolitan.

Head of Sales and Tenant Relations Suryacipta Swadaya Binawati Dewi mengatakan, tahun ini SSIA juga menargetkan penjualan lahan sekitar 60 hetare (Ha) di kawasan industri Subang Metropolitan.

"Pada tahap pengembangan area komersial kawasan Subang Smarpolitan kedepannya akan dibangun beberapa fasilitas seperti hotel, office tower, apartemen, mall, rumah sakit, dan business park," kata Binawati Dewi dalam keterangan pers, Selasa, 29 Maret 2022.

Kawasan Subang Smartpolitan dikembangkan melalui beberapa tahap, di atas lahan seluas 2.717 Ha. Pembangunan pertama dilakukan dengan peletakan batu pertama pada November 2020 sebagai permulaan. 

Saat ini sedang pematangan kavling (land grading) sehingga Subang Metropolitan optimis target serah terima dapat dilakukan pada waktuyang tepat.

Dana yang dialokasikan pada tahun ini untuk Subang Smarpolitan sebesar Rp500 miliar dari pinjaman IFC untuk akuisis lahan dan pengembangan kawasan.

Rencananya, 1.069 Ha diperuntukkan kawasan industri, dan 98 Ha untuk kawasan komersial. Sisa lahan akan dibangun kawasan perumahan, kawasan hijau dan ruang terbuka, fasilitas publik berpotensi pengembangan lahan selanjutnya, serta utilitas dan infrastruktur.

Subang Smartpolitan merupakan kota mandiri yang terintegeritas di Subang dengan mengusung konsep smart and sustainable dengan fasilitas dan infrastruktur kawasan didesain dengan pemanfaatan IoT.

Lokasi Subang Metropolitan terhubung dengan Rebana Metropolitan yakni pusat ekonomi baru di Jawa Barat dengan infrastruktur nasional seperti Tol Cikopo-Palimanan, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Tol Patimban yang akan segera di bangun.

Selain itu, lokasi Subang Smartpolitan juga berada di koridor manufaktur yang sudah mapan yakni Bekasi-Karawang-Purawakarta.