Healthy Habit
Gaya Hidup

Susah Bangun Kebiasaan Baru? Berikut Tips Agar Konsisten Bangun Kebiasaan Baru Ala Ian Altman Forbes

  • Membangun habit atau kebiasaan baik ketika sudah beranjak dewasa sering kali menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang.
Gaya Hidup
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA – Membangun habit atau kebiasaan baik ketika sudah beranjak dewasa sering kali menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. 

Padahal kebiasaan tersebut sangat berpengaruh terhadap hidup kita. Jika memiliki kebiasaan yang baik tentunya kita juga akan memiliki dan menjalani hidup yang baik yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. 

Oleh karena itu, ada beberapa tips agar anda konsisten dalam membangun kebiasaan baru. Yuk kita simak


1. Buat rencana untuk setiap kebiasaan
Hanya berkata bahwa anda ingin konsisten melakukan hal baru tidak akan membuat anda bisa melakukannya. Sebab, manusia punya insting untuk tidak melakukan hal baru apabila hal tersebut tidak berpotensi terhadap sesuatu yang ada di otaknya. Untuk itu, buatlah sebuah rencana untuk setiap kebiasaan baru. Ian Altman dari Forbes mengatakan bahwa cara tersebut ampuh untuk membuat orang konsisten melakukan kebiasaan baru.


2. Konsisten terhadap setiap rencana
Jika anda ingin mengembangkan kebiasaan baru, anda harus berlatih lebih sering. Altman mengatakan bahwa ia selalu mendorong klien salesnya untuk bermain peran (role play) selama satu jam per minggu. Ia kemudian melihat hasil yang memuaskan dan mengalami perkembangan besar dari klien-kliennya yang menerapkan teori tersebut. Jadi jika anda tidak pernah berlatih, anda perlu waktu lama untuk menjadikan sebuah hal baru untuk menjadi sebuah kebiasan baru.


3. Berlatih untuk sabar
Bagi sebagian orang, berlatih untuk sabar mungkin sebuah kebiasaan baru. Bagi yang lain, hal tersebut akan memperkuat keterampilan yang sudah dimiliki.Apa pun itu, kesabaran adalah sebuah hal penting jika anda ingin melihat hasil dari perilaku baru.
Orang tidak jarang kembali ke cara lama mereka apabila bertemu kegagalan. Begitulah, mereka akan terus melakukan hal tersebut sampai gagal dan akan mengusahakan pola lain. Padahal, pola tersebut tak sepenuhnya benar. Yang benar adalah konsisten bersabar hingga hal positif yang baru menjadi sebuah kebiasaan.


4. Mulai dari hal yang sederhana
Jangan mencoba mengubah hidup anda sepenuhnya dalam satu hari atau waktu yang pendek. Sebagian orang mudah untuk memotivasi dirinya dan mencoba melakukan hal besar secara langsung. Padahal, menurut Altman, cara tersebut tak akan membuat anda langsung konsisten dan hanya akan membuat malas. Altman memberi contoh dengan coba melihat pola belajar anak-anak pintar. Menurutnya, selain didukung oleh kemampuan akademis, anak-anak tersebut tak pernah memulai sesuatu dengan hal besar.Mereka akan mulai membentuk kebiasaan dengan sebuah hal kecil, seperti belajar selama 30 menit saja dalam sehari.

 

5. Pahami Untung dan Risiko

Biasakanlah diri anda dengan mencari tahu manfaat dari setiap kebiasaan. Cari buku-buku yang dapat menunjukkan manfaat olahraga teratur. Perhatikan perubahan level energi setelah anda melakukan diet baru. Jika anda sudah menerapkan hal tersebut, kedepannya anda bisa mencari tahu risikonya. Mencari tahu risiko dari setiap kebiasaan akan membuat anda lebih realistis. Dengan bersikap realistis, anda bisa jadi akan mendapatkan motivasi tambahan untuk konsisten melakukan kebiasaan baru.