Bukan dengan Gaji Tinggi, Ternyata Begini Cara Meraih Kekebasan Finansial
Gaya Hidup

Susah Kaya Meski Sudah Lama Bekerja? Jauhi 5 Kebiasaan Buruk Setelah Gajian

  • JAKARTA- Gajian menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh para pekerja kantoran. Setelah bekerja kerja, uang gaji jadi penghargaan tersendiri bagi pekerja yan
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Gajian menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh para pekerja kantoran. Setelah bekerja keras, uang gaji jadi penghargaan tersendiri bagi pekerja yang telah menunaikan kewajiban dari kantornya.

Namun ada beberapa situasi tak mengenakkan yang mungkin dirasakan setelah sekian lama menerima gaji bulanan. Salah satunya, tak ada uang yang terkumpul meski Anda sudah cukup lama bekerja .

Jika hal ini terjadi pada Anda, hati-hati. Mungkin ada yang salah dengan kebiasaan atau gaya hidup Anda. Terutama yang perlu digarisbawahi, kebiasaan menghabiskan uang gaji sesaat setelah menerimanya.

Berikut adalah 5 kebiasaan buruk pascagajian yang menyebabkan Anda susah kaya meski sudah bekerja cukup lama.

1. Tidak mencatat pengeluaran

Salah satu kebiasaan buruk saat gajian adalah tidak mencatat setiap pengeluaran yang ada. Hal ini terdengar sepele. Namun rupanya kebiasaan ini sangat berarti dan punya dampak yang besar.

Alasannya, dengan mencatat pengeluaran, uang yang keluar akan terorganisir dengan baik dan dapat dijadikan evaluasi setiap bulannya.

2. Selalu membeli barang baru

Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh banyak orang saat gajian yakni, mereka akan membeli barang apapun keluaran yang terbaru.

Tak sedikit pekerja mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang bermerek tanpa memikirkan harga hanya karena gengsi. Padahal, kebiasaan ini tidak terlalu baik lantaran masa depan lebih penting dari sekadar gengsi. Biasanya, hal ini sering sekali terjadi pada para anak muda yang lebih mementingkan gaya.

3. Tidak memiliki prioritas

Setelah Anda mendapatkan gaji dari hasil kerja keras, alangkah baiknya jika Anda menyisihkan uang tersebut untuk ditabung atau dibelikan barang yang memiliki nilai investasi jangka panjang.

Lebih baik, prioritaskan sebagian uang gajian Anda untuk berinvestasi. Jangan sampai kebiasaan buruk mempersulit kehidupan Anda di masa tua kelak.

4. Gemar belanja online

Salah satu kebiasaan buruk setelah menerima gaji yaitu melakukan kegiatan belanja secara online secara gelap mata. Dalam artian, aktivitas ini dilakukan dengan tidak membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Kebanyakan orang akan menghabiskan uang mereka dengan cara berbelanja secara online di beberapa marketplace. Hal ini berdampak buruk pada pengelolaan keuangan Anda.

5. Membeli barang tanpa tahu manfaat

Banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak bermanfaat menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki sejumlah orang.

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang lebih mementingkan gaya hidup mewah ketimbang harus berhemat. Karenanya, jangan heran jika Anda susah kaya karena uang gaji hanya digunakan untuk foya-foya.