<p>Pembayaran digital Huawei Pay. / Huawei.com</p>

Susul WhatsApp, Produsen Ponsel Huawei Rambah Bisnis Dompet Digital

  • JAKARTA – PT Huawei Tech Investment meluncurkan Digital Payment Cloud Solution yang menyasar para penyedia layanan pembayaran digital dalam membangun ekosistem pembayaran terpusat pada satu aplikasi. Setelah 10 tahun pengembangannya, Huawei mencatat saat ini jumlah pengguna uang digital terdaftar sudah mencapai lebih dari 1 miliar orang. “Namun, sistem pembayaran digital di kalangan pedagang atau merchant […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Huawei Tech Investment meluncurkan Digital Payment Cloud Solution yang menyasar para penyedia layanan pembayaran digital dalam membangun ekosistem pembayaran terpusat pada satu aplikasi.

Setelah 10 tahun pengembangannya, Huawei mencatat saat ini jumlah pengguna uang digital terdaftar sudah mencapai lebih dari 1 miliar orang.

“Namun, sistem pembayaran digital di kalangan pedagang atau merchant saat ini masih dalam tahap awal,” kata Ryan Wu, Director Software Marketing & Solution Sales Dept., Huawei dalam siaran pers, Selasa, 11 Agustus 2020.

Ryan menyatakan salah satu kunci sukses dalam bisnis dompet digital bergantung pada ekosistemnya. Super app yang menyediakan marketplace yang efisien bagi merchant menjadi sangat penting.

Keunggulan yang Ditawarkan

Cloud Solution dirancang untuk menyediakan platform pembayaran dan Super App yang membantu penyedia layanan pembayaran digital membangun ekosistem dengan cepat dan efisien.

Cloud Solution menghadirkan nilai manfaat dari tiga aspek bagi para penyedia layanan pembayaran digital yaitu memberikan pengalaman digital yang canggih, dengan arsitektur digital, data transaksi maupun pengguna dapat dibuka secara real time, menjamin dapat dihadirkannya pengalaman pengguna dan merchant secara langsung.

Selain itu, potensi munculnya risiko dapat dikontrol secara real time berkat kapabilitas analisis berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengidentifikasi transaksi-transaksi palsu dan menghindari risiko cash-out.

Nilai selanjutnya yaitu mempercepat layanan, dengan ekosistem terbuka. Cloud Solution menghadirkan API (antarmuka pemrograman aplikasi), H5, mini apps, dan teknologi-teknologi UI bricks.

Teknologi ini memungkinkan para mitra mampu menghadirkan layanan pada super app dalam kurun waktu satu minggu. Kemudian, mitra langsung dapat menyelenggarakan iklan dan promosi penjualan hanya dalam waktu tiga minggu.

Tidak hanya itu, dengan platform cloud native, Cloud Solution dapat mendukung container/micro-service, auto-scaling, dan grayscale release. Cloud Solution juga mampu menggelar pembaruan peranti lunak dalam hitungan hari.

Di Myanmar, Huawei telah bekerja sama dengan KBZ Bank untuk meluncurkan KBZPay. Dalam 18 bulan, Huawei berhasil menciptakan pertumbuhan layanan hingga menjangkau 6 juta pelanggan yang terdaftar. Kemudian, lebih dari 1.000 mitra, dan lebih dari 290.000 merchants.

Adapun, nilai transaksi KBZPay telah mencapai lebih dari US$$7 miliar, menempatkan KBZ sebagai penyedia layanan pembayaran digital terwahid di Myanmar. (SKO)