<p>Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri</p>
Industri

Swedia Berminat Jajaki Kerja Sama Transportasi Publik dengan Sumut

  • JAKARTA – Kota Sumatra Utara (Sumut) memiliki sejumlah potensi investasi. Melihat potensi ini Swedia mengirimkan Kedutaan Besarnya untuk mengunjungi Sumut dalam rangka menjajaki ragam kerja sama dengan fokus utama di bidang transportasi publik. Pemerintah Kota Sumut menerima kunjungan rombongan Kedutaan Besar Swedia di Ruang Kaharuddin, Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan […]

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Kota Sumatra Utara (Sumut) memiliki sejumlah potensi investasi. Melihat potensi ini Swedia mengirimkan Kedutaan Besarnya untuk mengunjungi Sumut dalam rangka menjajaki ragam kerja sama dengan fokus utama di bidang transportasi publik.

Pemerintah Kota Sumut menerima kunjungan rombongan Kedutaan Besar Swedia di Ruang Kaharuddin, Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan Pada Selasa (28/01).

Rombongan tersebut terdiri dari Trade Comissioner Swedia untuk Indonesia Erik Odar serta rombongan delegasi pengusaha yang bergerak di bidang transportasi dan perencanaan kota yang bersifat ramah lingkungan.

Pemerintah Sumut mengaku menyambut baik kunjungan tersebut. Rencana untuk menjalin kerja sama ini sejalan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang sedang gencar melakukan pembangunan.

“apa yang ditawarkan memang banyak yang sesuai dengan rencana pembangunan kita,” ujar Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprov Sumut, Arsyad Lubis.

Arsyad juga menjelaskan dalam pertemuan itu kedua belah pihak memaparkan terkait potensi-potensi bidang yang bisa dikerjasamakan. Untuk masalah transportasi diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Abdul Haris Nasution, bahwa mobilitas semakin meningkat namun belum didukung dengan infrastruktur jalan dan moda transportasi umum yang nyaman dan memadai.

“Swedia merupakan salah satu negara yang aman dan nyaman di Eropa, didukung teknologi transportasi dan perencanaan kota yang baik. Untuk itu, kita harapkan Pemerintah Swedia bisa berbagi pengalaman terkait pengembangan urban transportation sehingga bisa kita terapkan di Sumut,” ujar Abdul Haris.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Ria Telaumbanua yang turut hadir dalam pertemuan itu menambahkan bahwa sektor pariwisata perlu didukung dengan infrastruktur transportasi yang baik. Apalagi di Sumut terdapat destinasi super prioritas yakni Danau Toba.

Destinasi Super Prioritas

Selain Labuan Bajo, Danau Toba juga merupakan salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Danau Toba merupakan danau alami terbesar di Indonesia dan merupakan danau vulkanik terbesar didunia.

Danau berkawah ini memiliki potensi investasi yang menarik. Terdapat sejumlah objek yang cukup potensial yang masih dapat dikembangkan.

“Setelah mendengar pemaparan dari Bapak dan Ibu, Saya merasa begitu banyak yang bisa kita kerjasamakan di masa depan. Apalagi terkait sektor pariwisata. Kami tadi sangat tertarik untuk terlibat mendukung tourism goals di Sumut,” ungkap Erik.

Erik juga menambahkan, sebagai tindak lanjut dari penjajakan, akan ada workshop teknis yang juga didukung Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Sumut di Grand Aston Medan. Untuk membahas lebih mendalam tentang masalah dan solusi serta potensi investasi dari Swedia untuk Sumut.