AC Ilustrasi air conditioner
Gaya Hidup

Tagihan Listrik Membengkak? Coba Cek Lagi Penggunaan 5 Alat Elektronik Berikut

  • Nah, agar Anda tidak kebingungan mengapa tagihan listrik terus membengkak, berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 alat elektronik rumah tangga dengan konsumsi listrik yang paling boros.

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Biaya listrik adalah pengeluaran yang rutin dibayarkan dalam rumah tangga. Sayangnya rumah yang mengkonsumsi listrik berlebihan kerap menyebabkan tagihan listrik yang tinggi. Hal ini tentu berdampak pada anggaran keluarga. 

Nah, agar Anda tidak kebingungan mengapa tagihan listrik terus membengkak, berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 alat elektronik rumah tangga dengan konsumsi listrik yang paling boros. 

1. Air Conditioner (AC)

AC adalah salah satu sumber konsumsi listrik paling besar dalam rumah. Hal ini otomatis akan membuat tagihan listrik Anda melonjak tinggi. 

Kebanyakan AC memiliki daya listrik hingga lebih dari 800 watt. Untuk itu pastikan Anda tidak mengatur suhu AC yang terlalu rendah atau meninggalkan AC dalam posisi menyala jika tidak ada siapapun di ruangan. 

2. Kulkas 

Pakar energi di Property Rescue, Callum Woodstock menyebut bahwa kulkas adalah biang kerok tagihan listrik yang melonjak. Selain itu satu fakta yang jarang diketahui orang-orang adalah freezer kosong akan mengonsumsi lebih banyak listrik daripada yang terisi. Jadi pastikan Anda selalu memenuhi isi freezer. 

Kerapatan pintu kulkas saat ditutup juga bisa mempengaruhi tagihan listrik. 

3. Microwave 

Meski telah banyak microwave yang lebih hemat listrik nyatanya tak sedikit pula yang memakan daya listrik hingga lebih dari 600 watt. 

Untuk lebih menghemat tagihan listrik pastikan untuk tidak bolak-balik membuka tutup pintu microwave untuk memastikan makanan sudah siap. 

Cukup lihat saja dari jendela kaca. Hal ini karena setiap kali membuka pintu microwave, temperaturnya akan turun sebesar 25 derajat. Hal ini tentu membuat proses pemanasan makanan menjadi semakin lama dan listrik semakin banyak terbuang. 

4. Mesin Cuci 

Daya listrik mesin cuci pada umumnya berada di kisaran 250-300 watt. Namun, angka ini belum termasuk mesin pengeringnya. 

Jadi usahakan untuk mencuci hanya jika jumlah baju kotor sudah setara dengan kapasitas penuh mesin cuci. Sehingga Anda tidak perlu sering-sering mencuci yang hanya akan membuat boros listrik. 

Selain itu alih-alih menggunakan mesin pengeringnya, Anda dapat langsung mengeringkan pakaian basah di bawah sinar matahari. 

5. Setrika 

Tak berbeda jauh dengan mesin cuci, setrika juga memakan daya listrik yang lumayan setiap bulannya. Sekali colok setrika akan mengonsumsi sekitar 300 watt daya. 

Untuk mengakalinya, Anda dapat menyesuaikan panas setrika dengan bahan pakaian. Tidak semua harus disetrika dengan panas yang maksimal. 

Selain itu usahakan untuk menyetrika dalam jumlah banyak sekaligus. Sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menyalakan setrika. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 elektronik yang biasanya membuat tagihan listrik membengkak. Semoga bermanfaat!