<p>Sandwich/delish.com</p>
Gaya Hidup

Tahukah Anda Siapa Yang Menciptakan Sandwich? Dan Kapan?

  • JAKARTA-Sandwich atau roti lapis telah menjadi makanan yang menyebar ke seluruh dunia. Selain praktis dengan isian yang mudah diganti sesuka hati, sandwich juga memiliki fakta menarik lainnya. Di Amerika, menurut survei yang dilakukan oleh Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya mengonsumsi sandwich sebanyak satu atau lebih setiap harinya. […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Sandwich atau roti lapis telah menjadi makanan yang menyebar ke seluruh dunia. Selain praktis dengan isian yang mudah diganti sesuka hati, sandwich juga memiliki fakta menarik lainnya.

Di Amerika, menurut survei yang dilakukan oleh Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya mengonsumsi sandwich sebanyak satu atau lebih setiap harinya. Hal itu menunjukkan popularitas sandwich mengingat roti lapis ini merupakan makanan yang mudah dibuat di rumah atau didapatkan di gerai-gerai makanan cepat saji.

Bahkan warga Amerika Serikat memiliki Hari Sandwich yang menjadi waktu untuk menciptakan menu-menu sandwich yang baru.

Tetapi tahukah siapa yang pertama menciptakan sandwich dan kapan? Ternyata sudah sangat lama. Makanan ini pertama dibuat pada sekitar tahun 1762.  John Montague adalah orang yang menciptakannya,

Apakah Montague seorang koki? Sama sekali bukan. John Montague merupakan pemimpin Angkatan Laut Inggris di pertengahan abad ke-18 bergelar Earl of Sandwich IV. Disebutkan Montague memiliki hobi berat berjudi.

Menurut Skippy, saking tidak mau terganggu saat menjalankan hobinya tersebut, dia  menginginkan makanan yang dapat dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya dan menghentikan perjudian, di mana makanan tersebut memungkinkan Montague untuk tidak menggunakan alat makan maupun mengotori jari-jarinya.

Berulang kali Montague meminta pelayan untuk membawa irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Kebiasaan Sandwich tersebut kian dikenal oleh para rekannya yang akhirnya menyebut menu itu sebagai sandwich.

Selain itu, beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1778, kapten dan penjelajah asal Inggris James Cook menemukan sekelompok pulau di tengah Samudra Pasifik yang ia beri nama Pulau Sandwich.

Nama tersebut diberikan oleh Cook sebagai penghormatan kepada Montague: diambil dari gelarnya, Earl of Sandwich. Pulau tersebut kini dikenal dengan nama Pulau Hawaii

World Sandwich Day atau Hari Sandwich Sedunia ditetapkan setiap tanggal 3 November, di mana orang-orang merayakannya dengan mengonsumsi sandwich. Bahkan di Amerika Serikat, Hari Sandwich adalah waktu dimana sandwich menjadi utama saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan berbagai macam menu sandwich.