Warga keturunan Tionghoa melaksanakan sembahyang hari pertama pada Tahun Baru Imlek 2574 di Vihara Boen San Bio Pasar Baru Kota Tangerang, Minggu 22 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Tahun Baru Imlek 2023 Adalah Tahun Kelinci Air Yang Penuh Harapan

  • Tahun baru China atau Imlek merupakan perayaan tahun baru untuk masyarakat Tionghoa dimana pada tahun ini akan dirayakan pada 22 Januari 2023.

Foto

Panji Asmoro

Tahun baru China atau Imlek merupakan perayaan tahun baru untuk masyarakat Tionghoa dimana pada tahun ini akan dirayakan pada 22 Januari 2023. Imlek dirayakan sebagai rasa syukur atas berkah yang telah diberikanTidak hanya di China, Imlek juga dirayakan di beberapa negara lainnya yaitu Korea, Selatan, Tibet, Vietnam, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan negara lainnya dengan populasi Tionghoa yang besar.  

Menurut perhitungan shio hewan, tahun 2023 ini adalah tahun Kelinci, khususnya Kelinci Air yang dimulai dari 22 Januari 2023 (Tahun Baru Imlek), dan berakhir pada 9 Februari 2024 (Malam Tahun Baru Imlek). Lambang Kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan.  

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia