Kanopi Roboh saat Topan Haikui mendekat, di Hualien, Taiwan
Dunia

Taiwan Berjuang Pulihkan Pasokan Listrik Usai Topan Haikui

  • Taiwan bekerja keras mengembalikan pasokan listrik kepada lebih dari 40.000 rumah tangga setelah Topan Haikui menerjang bagian timur dan selatan pulau tersebut.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Taiwan bekerja keras mengembalikan pasokan listrik kepada lebih dari 40.000 rumah tangga setelah Topan Haikui menerjang bagian timur dan selatan pulau tersebut. Sementara kota-kota dan kabupaten di daerah yang terkena dampak menutup sekolah dan bisnis. Maskapai domestik juga membatalkan penerbangan.

Haikui menerpa daerah pegunungan yang jarang dihuni di bagian tenggara Taiwan pada Minggu 3 September 2023 sore watu setempat, menjadi topan pertama yang langsung melanda Taiwan dalam empat tahun terakhir. Topan tersebut bergerak melintasi bagian selatan pulau tersebut.

Perusahaan listrik milik negara, Taipower, mengatakan Haikui menyebabkan mati listrik untuk lebih dari 160.000 rumah tangga.  Sekitar 50.000 rumah tangga masih menunggu pemulihan pasokan listrik hingga Minggu malam.

Kabupaten dan kota di selatan, timur, dan tengah Taiwan membatalkan kegiatan belajar dan mengumumkan hari libur bagi para pekerja pada hari Senin 4 September 2023. Di ibu kota Taipei, terjadi hujan deras berembus.

Dilansir dari Reuters, Senin, departemen pemadam kebakaran Taiwan melaporkan lima cedera akibat topan tersebut. Tidak ada korban jiwa. Pemerintah Taiwan menyatakan lebih dari 7.000 orang telah dievakuasi, terutama di wilayah selatan dan timur.

Maskapai penerbangan Taiwan membatalkan sebagian besar penerbangan domestik pada hari Senin, sementara layanan feri ke pulau-pulau sekitarnya juga dihentikan. Gangguan pada penerbangan internasional lebih sedikit, dengan hanya 15 penerbangan yang dibatalkan, menurut Administrasi Penerbangan Sipil.

Haikui jauh lebih lemah dibandingkan dengan Topan Saola, yang melanda Hong Kong dan provinsi Guangdong di China selatan pada hari Sabtu 2 September 2023. Menurut Biro Cuaca Pusat Taiwan, Haikui sudah mulai memasuki Selat Taiwan pada Senin dan bergerak menuju China. Hujan deras akan terus terjadi di Taiwan hingga pertengahan pekan ini.

Badan cuaca nasional dan ramalan laut China telah mengeluarkan peringatan awal pada hari Senin untuk Haikui. Mereka memberi peringatan tentang angin kencang dan gelombang besar di sekitar provinsi pesisir Fujian dan Guangdong, serta memberi tahu kapal-kapal untuk berhati-hati.