Dukungan Pemerintah yang Belum Terfokus Dapat Memicu Kurang Maksimalnya Penerapan ESG
Properti

Tak Ada Mal Baru di Jakarta, Pembangunan Bergeser ke BoDeTaBek

  • Colliers Indonesia mencatatkan hingga kuartal II-2023 belum ada pusat perbelanjaan atau mall baru di Jakarta. Tren munculnya mall baru justru menyasar BoDeTaBek atau daerah Bogor Depok Tangerang dan Bekasi.
Properti
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Colliers Indonesia mencatatkan hingga kuartal II-2023 belum ada pusat perbelanjaan atau mal baru di Jakarta. Tren munculnya mal baru justru menyasar BoDeTaBek atau daerah Bogor Depok Tangerang dan Bekasi.

Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto mengatakan, dua mal yang baru beroperasi di BoDeTaBek adalah Carstensz Mall di Tangerang dan Cibinong City Mall 2 di Bogor.

Hingga kini total pasok Jakarta berada di angka 4.86 juta m2 sedangkan Bodetabek setengahnya di angka 2.97 juta m2. Sedangkan Tangerang dan Bekasi akan menjadi wilayah terbesar pasok mal baru di BoDeTaBek.

"Belum ada mal baru di Jakarta. Potensi pengembangannya ada di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi," ujarnya dalam media briefing Colliers pada Kamis, 20 Juli 2023.

Adapun di Jakarta, rerata tingkat hunian tenant pada kuartal II-2023 berada di angka 72,5% sedangkan BoDeTaBek 70,6%. 

Untuk tingkat hunian di sekitar mal-mal kelas menengah ke bawah disebut masih rendah. Sebab, tipikal dari bisnis mal menengah ke bawah cenderung tidak bisa dinamis dalam melihat tren pusat perbelanjaan.

Hal ini sangat jauh berbeda dengan mal-mal kelas atas dan premium. Ferry mengungkapkan, mal-mal ini berani untuk mengeluarkan modal guna merenovasi ataupun memberikan tampilan yang lebih segar untuk malnya, bahkan mengganti tenant yang dianggap lebih mampu menarik banyak pengunjung.

Adapun, tambahan pasokan baru akan kembali memberikan pengaruh kepada tingkat hunian di penghujung 2023. Aktivitas sewa masih didominasi sektor F&B dan Pakaian. Ritel Elektronik dan Hiburan/Arena bermain anak mulai percaya diri untuk buka.

Jika melihat dari sisi biaya, harga hunian relatif stabil sejak pandemi.Rerata tarif sewa kuartal II-2023 dibanderol sebesar Rp563,428 di Jakarta,  sedangkan Rp375,838 di BoDeTaBek. 

Lalu untuk biaya Pemeliharaan kuartal; II-2023 berkisar diangka Rp153,519 di Jakarta dan Rp118,992 di BoDeTaBek. Beberapa mal mulai membagi ruang – ruang besar menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih dapat mengoptimalkan pendapatan sewa.