<p>Ilustrasi penggunaan jaringan internet di gawai. / Pixabay.com</p>
Tekno

Tak Gunakan Jaringan Optik, Provider Internet Milik Elon Musk Punya Kecepatan Internet Ciamik

  • Bahkan, lewat jaringan SpaceX, pengguna juga bisa mengakses internet dari kendaraan berjalan yang jauh dari jangkauan sinyal ponsel seperti dalam pesawat atau truk
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Miliarder Elon Musk mengembangkan sejumlah lini bisnis berbasis teknologi. 

Salah satunya adalah proyek internet berbasis satelit di bawah naungan SpaceX, Starlink.

Menggunakan konstelasi internet, SpaceX menawarkan jaringan internet pada pengguna yang berada di wilayah terpencil dan sulit dijangkau oleh internet. Bahkan, lewat jaringan SpaceX, pengguna juga bisa mengakses internet dari kendaraan berjalan yang jauh dari jangkauan sinyal ponsel seperti dalam pesawat atau truk.

Namun pernahkan Anda bertanya, berapakah kecepatan internet Starlink? Dibandingkan dengan jaringan fiber optik yang punya kecepatan mencapai 500 Mbps, apakah Starlink masih bisa menang?

Berdasarkan data dari situs uji kecepatan internet, Speedtest, Starlink memiliki kecepatan unggah dan unduh yang cukup kencang. Namun perlu dicatat, kecepatan ini tergantung pada wilayah di mana Starlink beroperasi.

Sebagai contoh, Amerika Utara merupakan salah satu wilayah yang dimanjakan dengan kecepatan internet Starlink. Di Amerika Serikat, kecepatan unduhan Starlink mencapai 90,55 Mbps. 

Kemudian Kanada kisaran 97,4 Mbps. Lalu di Meksiko, kecepatan unduh Starlink mencapai 105,91 Mbps.

Sayangnya di Puerto Rico, kecepatan unduh Starlink masih keok dibanding jaringan broadband setempat. Kecepatan unggah Starlink di Puerto Rico adalah 20,54 Mbps, sedangkan broadband mencapai 68,88 Mbps.

Sejumlah negara di Eropa juga menjadi wilayah yang terjamah dan bisa menikmati jaringan internet Starlink.  Rata-rata kecepatan jaringan internet Starlink di Eropa adalah kisaran 90-an Mbps.

Kecepatan tertinggi bisa dirasakan oleh Lithuania dengan kecepatan unduhan 160 Mbps. Sedangkan yang paling lambat ada di Yunani dengan kecepatan unduhan 34,58 Mbps.

Di wilayah Amerika Selatan, Chile menjadi Negara yang bisa menikmati Starlink dengan rata-rata kecepatan unduh sekitar 110,49 Mbps. Sayangnya, kecepatan ini masih kalah jauh dibanding provider lainnya di Chile yakni kisaran 157 Mbps.

Kemudian di Equador, kecepatan internet Starlink hanya 2,49 Mbps. Angka ini kalah jauh dibanding rata-rata provider lain yang punya kecepatan kisaran 34,99 Mbps.

Terakhir, ada Australia dan New Zealand yang mewakili wilayah Oseania. Kecepatan unduhan Starlink di Australia adalah 124,31 Mbps. Sedangkan di New Zealand adalah kisaran 118,70 Mbps.