Wuling BinguoEV
Nasional

Tak Hanya BYD, Ini Daftar Perusahaan Mobil Listrik yang Masuk Pasar RI

  • Neta Auto, pabrikan mobil listrik asal China, juga turut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia dan tengah berencana membangun pabrik perakitan di dalam negeri pada tahun 2024.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Raja mobil listrik asal China, Build Your Dream atau BYD resmi masuk ke Indonesia pada 18 Januari 2024. Perusahaan kendaraan listrik asal China tersebut telah meluncurkan 3 mobil listrik yaitu, BYD Seal, BYD Atto3 dan BYD Dolphin.

Setelah resmi masuk ke Indonesia, Arista Group disebut-sebut bakal menjadi dealer resmi BYD di tanah air. Arista Group merupakan dealer resmi dari berbagai merek mobil dan motor terkemuka seperti Honda, Suzuki, Mitsubishi, Hino, Wuling, Mercedes Benz, dan Yamaha dengan cabang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

“Kami turut bangga atas keterlibatan kami dalam menyukseskan rantai ekspor kendaraan listrik di Indonesia," kata Direktur Utama IPCC Sugeng Mulyadi dalam keterangan resmi, Selasa 23 Januari 2024.

Selain BYD ternyata beberapa merk mobil China ini sudah masuk ke pasar otomotif RI, berikut daftarnya :

Wuling Motors 

Wuling Motors merupakan pabrikan asal Tiongkok yang merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). Awal munculnya di Indonesia denga produk mobilnya Wuling dikenal terutama dari segi harga yang lebih kompetitif.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada hari pertama gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Wuling Motors (Wuling) mengumumkan peluncuran Air ev secara global. Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini kini resmi diniagakan dengan harga Rp238.000.000 untuk Standard Range dan Rp295.000.000 untuk Long Range (OTR Jakarta).

Tahun ini Wuling kembali mengeluarkan mobil listrik BinguoEV yang disebut disebut telah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40% dan memenuhi syarat potongan PPN. Dan lainya ada Wuling Cloud EV dan Wuling E100.

Morris Garages (MG)

Morris Garages (MG) merek tersebut sekarang dimiliki oleh produsen mobil milik China, SAIC Motor Corporation Limited. SAIC Motor Corp., Ltd. adalah produsen mobil milik negara China yang berkantor pusat di Anting, Shanghai dan didirikan pada 1955.

Saat ini SAIC merupakan produsen mobil milik negara "Empat Besar" terbesar di China. Sedangkan di Indonesia sendiri SAIC Motor Indonesia menjadi APM Morris Garage sejak pertama kali kemunculannya di Indonesia pada Maret 2020.

MG Motor Indonesia merilis harga resmi untuk MG4 EV dan MG ZS EV di pasar otomotif Indonesia. Keduanya telah diproduksi secara lokal dengan harga MG4 EV sebesar Rp433.000.000 dan MG ZS EV sebesar Rp453.000.000 OTR Jakarta. Harga tersebut mencakup tipe tertinggi untuk kedua model mobil listrik.

Neta

Neta Auto, pabrikan mobil listrik asal China, juga turut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia dan tengah berencana membangun pabrik perakitan di dalam negeri pada tahun 2024. Mereka akan menggandeng perusahaan lokal PT handal Indonesia Motor.

Neta menjual produk pertamanya di Indonesia pada kelas crossover yang dikenal sebagai  Neta V, yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40,7 KWH yang mampu menempuh perjalanan hingga 401 KM sekali pengisian daya. Adapun mobil listrik Ini dibanderol dengan harga Rp379 juta.

Yang terbaru Neta auto menambah jajaran mobil listrik dengan menghadirkan Neta L SUV listrik terbaru yang diklaim mempunyai baterai lebih canggih dari model sebelumnya.