Roger Federer
Dunia

Tak Hanya dari Tenis, Berikut Pundi-pundi Kekayaan Roger Federer yang Pensiun Tahun ini

  • Roger Federer, mantan petenis nomor satu dunia memutuskan untuk pensiun Tahun ini. Menurut Forbes, total pendapatan yang ia hasilkan selama setahun terakhir mencapai US$106 juta atau Rp1,55 triliun
Dunia
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Roger Federer, mantan petenis nomor satu dunia memutuskan untuk pensiun tahun ini. Menurut Forbes, total pendapatan yang ia hasilkan selama setahun terakhir mencapai US$106 juta atau Rp1,55 triliun.

Tentunya pendapatan tersebut tak hanya berasal dari uang hadiah pertandingan saja. Pemasukan terbesarnya justru ada pada nilai sponsorship.

Nilai sponsorship Roger Federer mencapai US$100 juta (Rp1,46 triliun). Bandingkan dengan hadiah uang dari turnamen yang hanya mencapai US$6,3 juta atau setara dengan Rp92,3 miliar.  

Dari banyaknya perusahaan yang menjadi sponsor petenis asal Swiss ini, berikut di antaranya:

- Uniqlo
Pada 2018, Federer membuat keputusan yang mengejutkan dengan meninggalkan Nike. Padahal, produsen pakaian olahraga itu sudah bersama Federer sejak 1994. Diketahui Uniqlo memberikan kontrak berdurasi 10 tahun dan membayar US$30 juta per tahun (Rp440 miliar).

- Rolex 
Sebagai kebanggaan Swiss, maka sudah pasti Federer didukung langsung oleh jam tangan mewah ini. Perusahaan ini sudah menjadi 'teman setia' Federer sejak 10 tahun lalu. Selain jam Rolex yang selalu tersemat di pergelangan tangannya, Federer juga mendapat US$6,2 juta atau setara dengan Rp90 miliar.

- Mercedes-Benz 
Pabrikan mobil asal Jerman ini sudah menemani Federer sejak tahun 2008. Kesepakatan Federer bersama dengan Mercedes-Benz selain mendapatkan US$4,9 juta per tahun, ia juga selalu menerima mobil baru dari Mercedes tiap tujuh bulan sekali.

- Credit Suisse 
Pertama kali menjadi sponsor pada tahun 2009, Credit Suisse tak pernah absen untuk selalu mendukung Federer. Meskipun hanya memberikan US$1,8 juta (Rp27 miliar) per tahun, namun Credit Suisse memberikan dana sumbangan lewat badan amal yang didirikan Federer yaitu Roger Federer Foundation.

Sebagai informasi, Federer akan gantung raket setelah tampil di Laver Cup yang akan berlangsung pada 23-25 September mendatang.

Petenis 41 tahun itu akan mengakhiri perjalanannya di level dunia setelah 24 tahun berkarir.